• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Habama Kubar Siap Gelar Mubes dengan Agenda Pemilihan Ketua Umum

11 February
16:50 2020

KBRN, Sendawar: Hinaq Ayaq Bahau Maran (Habama) merupakan sebuah Organisasi yang menghimpun seluruh Warga Masyarakat Dayak Etnis Bahau di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Organisasi ini, berdiri sejak tahun 2017 silam, dan tetap eksis hingga saat ini. Bahkan dalam waktu dekat, akan dilakukan Musyawarah Besar (Mubes) dengan agenda utama Pemilihan Ketua Umum Habama Kubar Periode 2020-2025.

Ketua Panitia Mubes Habama Kubar Yan Sinyal, didampingi Skretaris Panitia Martinus Lejo saat di konfirmasi RRI Sendawar, Selasa (11/2/2020) mengatakan, kegiatan mubes akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13-14 Februari 2020. Dengan persiapan saat ini sudah mencapai kurang lebih 70 persen.

“Kalau persiapan mubes, untuk panitianya sudah kita bentuk sejak lama, sudah beberapa kali rapat dan sampai hari ini persiapan kita sudah sekitar 60 sampai 70 persen. Saat ini yang tengah kita persiapkan adalah tempat pelaksanaan kegiatan melakukan pembersihan dan persiapan lainnya termasuk masalah konsumsi pemasangan baliho dan persiapan lainnya yang kita lanjutkan sampai besok,”katanya

Lokasi kegiatan Mubes lanjut Yan, dilaksanakan di Lamin Bahau Taman Budaya Sendawar (TBS), mengundang peserta dari 10 Kampung Bahau yang tersebar di Kecamatan Tering dan Long Iram, diantaranya Kampung Kelian Luar, Ujoh Halang, Long Daliq, Keliwai, Anah, Tering Lama Ulu, Tering Lama Ilir dan Tering Baru, sebanyak 100 orang atau masing-masing Kampung mengrim 10 Perwakilan.

Yan Sinyal menjelaskan, dihari Pertama diagendakan kegiatan registrasi peserta sekaligus Pemilihan hingga Penetapan Calon Terpilih Ketua Habama Kubar, serta acara kesenian yang dilaksanakan malam harinya. Kemudian hari ke-dua diagendakan kegiatan acara seminar sekaligus Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus Habama Kubar Periode 2020-2025.

Disinggung mengenai tata cara pemilihan, Ia menyebutkan sesuai kesepakatan Panitia dilakukan secara Demokrasi atau dengan mekanisme pencoblosan oleh peserta Mubes dan kandidat calon ketua yang berkompetisi dalam ajang pemilihan.

“Yang boleh memilih itu peserta yang dari Kampung, kalau panitia tidak punya hak suara, kita sebagai penyelenggara. Jadi yang boleh memilih itu 100 peserta dari perwakilan Kampung ditambah 4 suara dari masing-masing kandidat, maka total suara dalam pemilihan nantinya ada 104 suara,”sebutnya

Untuk diketahui, ada 4 Calon Ketua Habama Kubar yang sudah resmi mendaftar yakni Hermonius (Remon) nomor urut 1. Markus Mas Jaya dengan nomor urut 2. Berikutnya Wiji Kasmirus nomor urut 3 dan terakhir Irenius Juan dengan nomor urut 4.

00:00:00 / 00:00:00