• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Mulai Hari Ini APT Pranoto Samarinda Layani Penerbangan ke Maratua

16 January
12:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Sudah lama dinantikan oleh sejumlah masyarakat penerbangan langsung dari Samarinda ke Maratua, akhirnya mulai beroperasi hari ini, Kamis (16/1/2020) di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda yang ditandai dengan pelepasan penerbangan perdana.

Penerbangan perintis ini, dilayani oleh maskapai Susi Air dengan program subsidi pemerintah untuk melayani masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Direktur Angkutan Udara Kementrian Perhubungan Maria Kristi menyatakan, tidak hanya Samarinda-Maratua, tetapi Susi Air juga melayani penerbangan perintis lainnya, seperti Samarinda-Long Apung, Samarinda-Datah Dawai, Samarinda Muara Wahau dan Datah Dawai-Melak.

Ia mengharapkan dengan adanya penerbangan ini dapat digunakan masyarakat sebaik mungkin, terutama dalam penyaluran barang maupun logistik.

“Kita memang fokus kepada penerbangan di wilayah 3 T dan ini salah satunya, mudah-mudahan dengan adanya ini dapat membantu masyarakat di wilayah Kalimantan Timur”kata Maria.

Sementara itu, Distric Manager Susi Air Samarinda Astrid Siska Pratiwi menjelaskan, rute Samarinda-Maratua melakukan penerbangan hanya 2 kali dan 1 kali dalam sepekan, sesuai jadwal.

Sementara untuk harga tiket, penerbangan dari Samarinda ke Maratua dibanderol dengan harga Rp 488.000 sementara Maratua - Samarinda Rp 483.000.

“Untuk harga tiket Samarinda – Maratua yang terbaru ini kalau dari Samarinda itu Rp 488.000 dan kalau dari Maratua - Samarinda Rp 483.000 dan ini harga yang sudah tersubsidi”terang Astrid.

Diketahui dana subsidi Pemerintah terhadap penerbangan perintis ini senilai Rp 19 Milliar dan nantinya akan dilelang terus di setiap tahunnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00