• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BMKG Keluarkan Peringatan Dini waspada Cuaca Ekstrim

14 January
10:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara  Sultan  Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan kondisi dan cuaca ekstrim ini akan terjadi hingga beberapa bulan kedepan, bahkan pagi ini terjadi turun hujan yang sangat lebat di Kalimantan Timur yang menyebabkan beberapa wilayah di Samarinda tergenang air.

Kepada RRI di Samarinda Selasa pagi (14/1/2020) Kepala BMKG Kaltim Ibnu Sulistiyono mengatakan, cuaca diwilayah Kalimantan Timur  khsusunya diwilayah Kalimantan Timur Bagian Timur, Kalimantan Timur bagian Selatan untuk diwaspadai prakiraan sifat hujan diatas normal, khususnya bulan Februari dan Maret.

Peringatan dini sampai tanggal 15 bervariasi masih terjadi hujan ringan hingga lebat,khususnya diwilayah Kutai Kartanegara, Samarinda itu masih ada berpotensi hyujan lebat.sampai  tanggal 15 Januari ini. 

“Untuk kondisi cuaca pad ahari ini selasa 14 Januari 2020 di wilayah Indonesia masih terlihat tropical Siglon Klaudia yang bergerak ke arah Barat daya telah menjauhi wilayah Indoensia, masih terdapat ekosiglon sehingga berubah menjadi cuaca yang buruk di wialayh Samarinda dan PPU dan Paser.” Kata Ibnu 

Untuk tinggi gelombang laut untuk hari ini sampai dua  tiga hari kedepan utnuk wilayah Makasar bagian Utara, bagian Tengah dan bagian Selatan masih normal ketinggian gelombang yakni 0.5 hingga 1 meter. Tingginya gelombang air laut ini dinilai maish normal bagi para nelayan, namun BMKG tetap mengingatkan nelayan agar berhati-hati dan waspada jika gelombang air laut tinggi lebih dari 1,25 meter.tegasnya 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00