• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terima Sertifikat PTSL 2019, Warga Kubar Memanfaatkannya untuk Buka Usaha

11 December
05:08 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Ribuan masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar) berbondong-bondong datang ke Alun-Alun Itho Sendawar pada acara penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Selasa (10/12/2019).

Pantauan RRI dilapangan,  masyarakat yang datang tersebut berasal dari 16 Kampung/Desa dari 5 Kecamatan, yakni masing-masing Kampung Rejo Basuki dan Muara Asa Kecamatan Barong Tongkok. Kemudian Kampung Srimulyo, Sumber Bangun, Sumber Rejo, Sekolaq Oday dan Sekolaq Muliaq Kecamatan Sekolaq Darat.

Berikutnya, Kampung Minta, Kampung Tanjung Haur, Penyinggahan Ilir, Penyinggahan Ulu, Kampung Bakung dan Kampung Loa Deras Kecamatan Penyinggahan. Serta  Kampung Muut dan Dempar Kecamatan Nyuatan dan Warga Kampung Tering Sebrang Kecamatan Tering.

Bupati Kubar Serahkan 1.100 Sertifikat PTSL kepada Warga

Kudus salah satu warga penerima sertifikat PTSL asal Kampung Sekolaq Muliaq Kecamatan Sekolaq Darat saat dikonfirmasi RRI Sendawar mengaku senang dengan terbitnya sertifikat tanah dimiliki melalui program PTSL tersebut.

Apalagi Kalimantan Timur (Kaltim) sudah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara menggantikan Jakarta, sertifikat ini sangat dibutuhkan sebagai legalitas kepemilikan tanah guna mengantisipasi terjadinya sengketa serta bisa dijadikan sebagai jaminan untuk membuka peluang usaha kedepannya.

"Ini sertifikat untuk lokasi Perumahan,  luasnya 910 meter persegi. Jadi Kalau kita sudah jadi ibu kota,  tidak repot lagi, seperti arahan Pak Bupati tadi. Kalau istilah orang jawa itu, biar 100 meter harus ada sertifikatnya. Jadi kita senang sekali dan kedepan semoga bisa menjadi solusi kita untuk mengembangkan usaha, misalnya gadai ke Bank,"ungkapnya.

Rasa senang atas terbitnya sertifikat tanah gratis itu juga disampaikan oleh Parwi (55), Warga Kampung Srimulyo Kecamatan Sekolaq Darat. Bahkan wanita paruh baya yang menerima sertifikat tanah dengan ukuran 40 meter persegi itu sudah berfikir untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan kedepannya.

"Oh saya senang betul, sangat membantu pokoknya senanglah, semua terbantu sama pemerintah, alhamdullilah. Ya nanti mau dipergunakan untuk cari modal buat usaha, ya usaha kecil-kecilan aja dan hasilnya untuk masa depan ya, soalnyakan saya sudah sendiri,"tandasnya

Kakanwil BPN Kaltim: Saya minta Sisa Sertifikat PTSL 2019 di Kubar, diantar langsung Ke-Desa

Seperti diketahui, target program sertifikat PTSL di Kabupaten Kutai Barat tahun 2019, sebanyak 2.000 bidang. Pembagian secara masal sudah dilakukan sebanyak 1.100 bidang dan sisanya akan didistribusikan oleh BPN Kutai Barat langsung kepada warga lainnya secara bertahap. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00