• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kakanwil BPN Kaltim: Saya minta Sisa Sertifikat PTSL 2019 di Kubar, diantar langsung Ke-Desa

10 December
19:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Dr.Mazwar, S.H., M.Hum hadir langsung dalam acara penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada Masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), di Alun-Alun Itho Sendawar, Selasa (10/12/2019)

Dalam kesempatan itu, Ia menyampaikan bahwa sejak tahun 2017-2019 program PTSL sudah tereaslisasi sebanyak 17.000 bidang di Kabupaten Kutai Barat. Dengan rincian 2017 sebanyak 7.000 bidang, 2018 sebanyak 8.000 bidang. 

Kemudian ditahun 2019 ini, Kutai Barat ditargetkan sebanyak 2.000 bidang masing-masing PTSL Murni sebanyak 1.700 dan PTSL UKM sebanyak 300 bidang, dan telah diselesaikan oleh BPN setempat pada pertengahan tahun.

“Tahun ini targetnya 2.000 untuk Kubar, yaitu 1.700 PTSL murni dan 300 PTSL UKM. Itu sudah selesai dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Oleh karena itu sebagaimana tadi dikatakan oleh bapak kepala Kantor Pertanahan Kutai Barat, untuk penyelesaian target PTSL, Kubar mendapat penghargaan sebagai juara tiga dan katanya selama ini tidak pernah. Dan sejak beliau, ditahun pertamanya, ini patut kita apresiasi,”ungkapnya

Mengingat masih ada sisa 900 sertifikat PTSL baik yang Murni maupun UKM, Mazwar meminta kepada jajaran BPN Kutai Barat agar menyerahkan langsung sertifikat tersebut kepada warga dengan mendatangi Wilayah masing-masing.

“Jadi hari ini sebagaimana dilaporkan, akan diserahkan 1.100 dari 2.000 sertifikat yang sudah diselesaikan. Jadi sisanya nanti, saya minta kepada pak Kakan segera didistribusikan. Kalau bisa datang langsung ke-Desa, jangan sampai masyarakatnya datang ke Kantor Pertanahan, capek sekali datang dari jauh-jauh. Jadi saya harapkan Pak Kakan agar tidak memberatkan masyarakat baik dari transportasi ataupun segi waktu, oleh sebab itu saya minta datang langsung ke Masyarakat untuk membagi sertifikatnya,”tandasnya

Bupati Kubar Serahkan 1.100 Sertifikat PTSL kepada Warga

Secara khusus Ia menghimbau kepada masyarakat Kutai Barat agar menjaga sertifikat yang telah diterima dengan baik, jangan sampai hilang apalagi tercecer, karena bisa disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Di fotocopy dan disimpan terpisah antara yang asli dengan kopiannya, Disimpan didalam Map atau Plastik dan tidak boleh di laminating. 

Selain dari sisi sertifikat, yang juga harus diperhatikan yakni masalah tanah terutama Patok-nya karena hal inilah yang sering menimbulkan sengketa, oleh sebab itu harus dijaga dengan baik bila perlu dipagar. 

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah Pemerintah mengharapkan melalui tanah ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dalam artian harus dimenfaatkan dengan baik, jangan sampai dibiarkan apalagi ditelantarkan.

00:00:00 / 00:00:00