• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Kejari Kubar Musnahkan Barang Bukti dari 46 Perkara Pidana Umum

9 December
23:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Kejaksaan Negeri Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur memusnahkan barang bukti dari 46 perkara tindak pidana umum di kantor kejaksaan jalan Sendawar Raya Kecamatan Barong Tongkok, Senin (9/12/2019).

Pemusnahan barang bukti (barbuk) yang sudah berkekuatan hukum tetap itu dipimpin langsung Kepala Kejari Kubar Wahyu Triantono,SH didampingi Kasi Pidum Andy Bernard Simanjuntak, Wakapolres Kubar Kompol Sukarman, Perwakilan TNI Kodim 0912 Kubar Sertu Jordan, Perwakilan Pengadilan Negeri Kubar Alif Yunan Noviari serta seluruh kasi dan staf kejaksaan.

Adapun Barbuk yang dimusnahkan antara lain 19,88 gram shabu-shabu dari 17 perkara Narkotika Golongan satu, dan 13.425 butir pil dobel L atau pil koplo dari 7 kasus. Kemudian 7 buah senjata tajam, 1 buah senjata api, 16 buah Hand Phon berbagai merek dari 13 perkara,  275 lembar uang palsu pecahan Rp 50.000 dan 100.000 yang disita dari 1 perkara dengan total Rp 13.900.000.

“Pemusnahan barang bukti ini merupakan tahap dua periode juli-desember 2019. Yang kita musnahkan ini ada 6 jenis barang. Pertama Narkotika jenis (Metamfetamina) atau shabu-shabu dengan cara diblender. Kedua Dobel L (Trihexyphenidyl Hidrochlorida) 13.425 butir juga diblender. Ketiga senjata tajam parang dan pisau, keempat senjata api itu digurinda.

“Kemudian hand phon dihancurkan pakai palu. Terakhir uang palsu dimusnahkan dengan cara dibakar,” jelas kasi Pidana Umum Kejari Kubar Andy Bernard Simanjuntak.

Bernard mengatakan barbuk yang dimusnahkan itu sudah berkekuatan hukum tetap.

“Untuk yang masih ada upaya hukum banding atau kasasi kita belum bisa musnahkan. Sesaui amar putusan pengadilan perintah terhadap barang bukti ini adalah dirampas untuk dimusanhkan,” katanya.

Baca Juga : Rilis Kinerja Setahun, Kejari Kubar: Kasus Narkotika Tertinggi

“Seperti yang kita lihat sekarang bahwa narkotika paling banyak. Saya harap kita jauhi itu. Kalau bisa tahun depan bisa turun kalau bisa tidak ada sama sekali,” tambah Kajari Kubar Wahyu Triantono,SH.

Uniknya dalam pemusanahan barang bukti itu korps Adhiyaksa juga mengundang pelajar dari tingkat SMP dan SMA di kota Sendawar.

“Ini tujuanya untuk memperlihatkan kepada para pelajar mengenai barang-barang yang dilarang digunakan sembarangan dan tidak boleh disalahgunakan. Kebetulan hari ini kita ada upacara peringatan hari anti korupsi sedunia jadi sekaligus kita mengedukasi mereka tentang bahaya korupsi,” ungkapnya.

Setelah diumumkan dihadapan para pewarta, seluruh barbuk tersebut langsung dihancurkan serta dibakar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00