• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pendaftaran CPNS Kubar Sudah dibuka Selama 15 Hari

19 November
08:35 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, selama 15 hari mulai tanggal 18 November hingga 2 Desember mendatang.

Kepala BKPPD Kubar Nopandel saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Selasa (19/11/2019) mengatakan, untuk alur pendaftaran, para pelamar terlebih dahulu diminta membuat akun menggunakan email dan pasword dengan memasukan data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK KK.

Setelah membuat akun jelasnya, pelamar dapat login ke https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan guna mengikuti tahapan pendaftaran secara online, hingga proses penyerahan berkas ke- BKPPD Kubar.

Untuk iformasi detail terkait alur pendaftaran, formasi dan persyaratan CPNS tahun 2019, tambah Nopandel, pelamar bisa mengakses pengumuman resmi yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui laman websiten https://kutaibaratkab.go.id

“Jadi untuk seleksi CPNS ini pelamar bisa buka di website kita kutaibaratkab.go.id sudah ada kita upload dikumen disitu, semua persyaratan baik pertama melamar, kemudian setelah dia ditetapkan menjadi bakal calon semua ada disitu, termasuk tata cara pendaftarannya, disitu juga ada tuntunan dan panduan, kalau kesulitan ada desk helpnya juga, bahkan ada nomor yang bisa dihubungi disitu. Tinggal dibaca saja, kalau teliti pasti bisa ngikuti,”jelasnya

“Nah nanti kalau sudah daftar secara online, mereka mencetak bukti mendaftar, dan hard copy-nya dengan yang aslinya dibawa kesini, kayak ijazah dan persyaratan lainnya. Mulai tanggal 18 November ini, setiap hari Senin sampai Kamis kita buka jam 08.00-16.00 wita, kalau hari Jumat jam 08.00-12.00 Wita kita siap melayani disini sampai tanggal 2 Desember 2019 nanti,”tambahnya

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPPD Kubar Elivianus, bahwa tidak ada perubahan alur dan persyaratan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2019 ini, sama dengan tahun sebelumnya. Terkecuali bagi pelamar kategori P1/TL atau peserta seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018 dan telah memenuhi nilai ambang batas (passing grade). Khususnya untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), namun tidak lolos dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Karena berdasarkan Peraturan MenPANRB Nomor 37 Tahun 2018, peserta kategori P1/TL ini bisa memilih untuk mengikuti SKD tahun ini, atau menggunakan SKD tahun 2018 untuk langsung di rengking masuk ke-tahap SKB tahun 2019.

“Jadi pelamar yang tahun lalu dengan formasi yang sama lulus dari SKD kemudian masuk seleksi SKB tapi tidak lulus. Nilai SKD yang sudah memenuhi passing grade tahun lalu itu bisa digunakan tahun ini. Jadi ini tergantung pilihan dia aja, apakah ikuti SKD tahun 2019 atau memilih tidak ikut,”tegasnya

Akan tetapi menurut Elivianus apapun pilihan pelamar dengan kategori P1/TL tersebut, hasilnya tetap akan direngking dengan peserta lainnya di formasinya yang sama.

“Kalau dia tidak ikut SKD tahun ini atau memilih menggunakan nilai SKD-nya yang sudah memenuhi ambang batas tahun lalu tetap akan direngking dengan peserta lainnya di formasi yang sama. Jika setelah direngking, nilai tersebut masuk ke tahap SKB, maka yang bersangkutan langsung mengikuti seleksi SKB. Tapi kalau direngking namun tidak masuk, tetap saja tidak bisa melanjutkan ke tahap SKB. Itulah pilihan dia, mau pakai nilai SKD yang tahun lalu, atau ikut SKD tahun ini dengan harapan mendapatkan nilai yang lebih baik, karenakan apapun pilihannya tetap akan direngking,”ungkapnya

Sementara dari segi usia, Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian BKPPD Kutai Barat Yulian meneyebutkan, secara umum dibatasi minimal usia 18 tahun dan maksimal usia 35 tahun terhitung saat mendaftar. Namun ada pengecualian bagi pelamar dengan jabatan tertentu sesuai Keputusan Presiden No.17 tahun 2019.

“Kalau yang pelamar umum itu paling rendah 18 tahun, paling tinggi 35 tahun. Tapi ada pengecualian, dimana sesuai Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2019 terkait dengan batas usia itu, untuk dokter, dokter gigi, dosen dan peneliti dia bisa mendaftar paling tinggi usia 40 tahun. Dikecualikan karena ini sudah ada Kepresnya,”sebutnya

Selain melalui website resmi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat kata Yulian, bagi pelamar yang ingin mengetahui informasi detail mengenai penerimaan seleksi CPNS tahun 2019, juga bisa mendatangi Kantor BKPPD Kubar dilingkungan Perkantoran Pemerintahan.

Kemudian bagi pelamar yang sudah menyelesaikan pendaftaran secara online dan melengkapi berkas persyaratan, dihimbau agar tidak menitip berkas yang dimiliki kepada orang lain apalagi dikirim melalui jasa pengiriman, karena tidak akan diterima oleh petugas seleksi di BKPPD Kubar atau otomatis dinyatakan tidal lulus seleksi administrasi.

Seperti di Beritakan sebelumnya, kuota CPNS Kubar tahun 2019, sebanyak 159 orang dengan formasi masing-masing, Kesehatan 48 orang, Pendidikan 64 Orang dan Teknis sebanyak 47 Orang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00