• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Kemenpora RI Membuka Langsung Pelaksanaan Fornas V/2019 Kaltim

16 November
23:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Samarinda: Pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) ke-5 tahun 2019 Kaltim sebagai tuan rumah, dihadiri langsung oleh Kemenpora RI dan Gubernur Kaltim, pada Sabtu (16/11/2019) malam, di Stadion Madya Sempaja, Samarinda.

Kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia disambut baik oleh Gubernur Provinsi Kaltim beserta jajaran stafnya yang hadir.

Dalam kesempatannya, Kemenpora RI Zainudin Amali menyampaikan sambutannya kepada seluruh peserta Fornas yang datang dari seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia serta ikut ambil bagian untuk membantu meramaikan ajang olahraga yang digelar 2 tahun sekali di Kaltim kali ini.

“Semoga dengan gelaran kegiatan olahraga ini, bisa mempersatukan seluruh masyarakat bangsa Indonesia. Dengan melalui kegiatan ini juga, mari kita menjalin silaturahim dan mempererat tali persaudaraan antar daerah kita semua,” ucapnya Zainudin Amali dalam sambutan pembuka.

Ajang olahraga yang bersifat hiburan dan rekreasi tersebut diikuti kurang lebih sebanyak 15.000 peserta dari 25 Provinsi se-Indonesia dan mengkuti sebanyak 37 induk olahraga (indor), dalam Fornas ke 5 di Kaltim kali ini.

Usai sambutannya, dalam konfrensi pers yang digelar, Zainudin kembali mengatakan di era kepemimpinan Joko Widodo sebagai Presiden RI, pelaksanaan Fornas tersebut termasuk dalam program pembangunan Sumber Daya Manusia.

"Menurut saya ini adalah satu olahraga masyarakat yang dalam bentuk rekreasi. Olahraga itu apapun, yang penting kita bergerak. Inisiatif masyarakat sangat kami hargai, apalagi sekarang dalam program pemerintah 5 tahun kedepan tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), itu menjadi prioritas pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakilnya Ma'ruf Amin. Maka Fornas ke 5 di Kaltim 2019 ini, merupakan salah satu bentuk untuk mendorong tentang pelaksanaan pembangunan SDM, dan kita sangat menantikan dengan partisipasi para masyarakat," jelasnya.

Zainudin juga menambahkan, bahwa dirinya mengakui Formi Nasional mampu menggelar acara yang terbilang cukuo besar tanpa menggunakan bantuan dana yang besar, mengingat olahraga rekreasi ini bisa dilakukan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.


“Dibawah kepemimpinan Hayono Isman selaku ketua Formi Nasional, bahwa bisa membuktikan kepada kita bahwa, tanpa sponso yang besar, dukungan dana yang besar, kita masih bisa berolahraga dan bisa melakukannya dimana saja, apalagi ini adalah olahraga rekreasi dengan salam sehat, bugar dan gembira, sehingga semua lapisan masyarakat bisa berolahraga dalam ajang kali ini,” tambahnya.

Sementara itu saat ditanya mengenai gaung olahraga rekreasi di kancah Internasional, Ketua Umum Formi Nasional, Hayono Isman mengatakan bahwa saat ini mereka sudah mempunyai agenda bersama beberapa negara tetangga dan akan mengikuti olimpiade di salah satu negara, Benua Eropa.


“Berbicara tentang Internasional, saat ini sudah ikut delegasi dari china dan Singapura dengan mengikuti cabor Barongsai dan juga mengikuti olimpiade Lompat Batu Nias di daerah Lisbon, Portugal untuk menunjukan kepada dunia yang lebih luas mengenai olahraga rekreasi,” ungkapnya Hayono saat konfrensi pers usai pembukaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00