• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Promosi Kerajinan Lokal hingga ke-Tingkat Internasional, Pengrajin diminta Berinovasi

16 November
11:01 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus berupaya melakukan promosi hingga mengurus hak cipta produk lokal hasil karya pengrajin tradisonal di wilayah tersebut guna melindungi setiap karya atau produk yang dihasilkan serta bisa diketahui oleh dunia luar.

Diantaranya dengan menyediakan wadah bagi pengrajin taradisional agar mendapat kesempatan untuk memasarkan produk dimiliki, kemudian melaksanakan event sekala Kabupaten, Ikut serta dalam berbagai event ditingkat Provinsi, Nasional hingga Internasional salah satunya menampilkan Wastra Kabupaten Kutai Barat yakni kain “Kriookng” dalam acara hongkong Fashion Week Spring/Summer 2019.

Hingga bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menyelenggaran event seni budaya baik ditingkat Daerah maupun Nasional, diantaranya pergaelaran seni budaya bertajuk “The Beauty of West Kutaitahun 2018 dan menggelar Fashion Show Indonesia Fashion Week (IFW) dengan tema The Next One “Poreke Kriookng” di Jakarta tahun 2019.

Hasilnya sejumlah kerajinan, seperti kain Kriookng, Tenun Doyo dan Sulam Tumpar Kutai Barat sukses mencuri perhatian dunia dengan pemasaran yang kini sudah menembus pasar internasional.

Selain dari sisi promosi, kerajinan hasil kreatifitas anak bangsa yang dimiliki Kubar juga sudah ada yang mendapat Hak cipta seperti Batik Tumang, dan mendapat Sertifikat Indikasi Geografis “Tenun Doyo Benuaq Tanjung Isuy Jempang Kutai Barat” dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, tahun 2019.

“Kalau batik sih, satu sudah mendapat hak cipta, lainnya dalam proses. Ya intinya kita terus berupaya memberikan perlindungan terhadap produk kerajinan kita agar tidak ditiru atau diklaim oleh Daerah lain,”Ketua Dekranasda Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan, saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Sabtu (16/11/2019).

Berkaitan hal itu, Ia menghimbau kepada para pengrajin agar tidak hentinya berinovasi dan meningkatkan kreatifitas sehingga lahirnya produk-produk kerajinan lokal yang tidak kalah bersaing dengan Daerah luar.

“Kita berharap kepada pengrajin agar mereka dapat lebih giat lagi dalam berkreasi, menciptakan  Inovasi-inovasi baru, sehingga hasil-hasil kerajinan yang mereka buat itu bisa bersaing diluar,”imbuhnya

Selain itu, Yayuk Seri Rahayu Yapan juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah melaui Dinas terkait agar meningkatkan kerjasama dengan Daerah lain untuk saling betukar pengetahuan dalam menciptakan kreatifitas produk baik jenis Tenun, Batik, Sulam, termasuk jenis kerajinan lokal lainnya yang dimiliki Kabupaten Kutai Barat.

Sehingga kedepannya dapat dikenal masyarakat luas hingga ke-penjuru dunia serta membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, menuju hari esok yang lebih baik dari pada hari ini di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00