• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pendaftaran Seleksi CPNS di Kubar Dibuka Mulai 18 November 2019

14 November
17:06 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, Senin (11/11), pukul 23.11 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Namun demikian, belum semua Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) membuka seleksi pendaftaran CPNS. Salah satunya Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kubar Nopandel saat dikonfirmasi RRI Sendawar diruang kerjanya, Kamis (14/11/2019) menjelaskan, hal itu karena masih ada proses verifikasi dan validasi data formasi kebutuhan seleksi CPNS yang harus diselesaikan di Kementerian terkait.

“Ini bukan cuma di Kutai Barat, kan ada 530 Kementerian-Lembaga dan Pemerintah Daerah yang melaksanakan seleksi tahun ini, nah kurang lebih 200 diantaranya itu belum buka pendaftaran termasuk kita disini. Tapi khusus untuk Kubar, hari ini ada Kabid kita ke KemenPAN-RB untuk mengurus itu, menyampaikan berkas-berkas yang berkaitan dengan pelaksanaan CPNS ini,”jelasnya.

Kendati demikian, Nopandel mengaku, sesuai hasil rapat bersama jajarannya bahwa telah diagendakan, Pembukaan Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Kutai Barat akan dilakasanakan pada tanggal 18 November 2019 mendatang.

“Jadi program kita, mengenai penjadualan sesuai hasil rapat kami hari itu, mudah-mudahan hari senin tanggal 18 November ini, sudah dibuka pendaftaran CPNS-nya, khusus untuk kita di Kutai Barat,”ungkapnya

Ditambahkan untuk Kuota Calon Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Kubar tahun 2019, sebanyak 159 orang dengan formasi masing-masing, Kesehatan 48 orang, Pendidikan 64 Orang dan Teknis sebanyak 47 Orang.

Nopandel menyebutkan, jadwal seleksi CPNS tahun ini, sudah dimulai dengan Penetapan Formasi dan Pengumuman Pendaftaran sejak bulan Oktober lalu. Kemudian Pengumunan dan Pendaftaran pada bulan November ini, dan Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019.

Selanjutnya, Masa Sanggah dan Pengumunan Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dijadwalkan berlangsung pada bulan Januari. Kemudian Pelaksanaan SKD di bulan Februari, dilanjutkan dengan Pengumuman hasil SKD dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret dan proses Integrasi Nilai SKD dan SKB dijadwalkan pada bulan April tahun 2020 mendatang.

Seperti diketahui, terdapat 68 Kementerian/Lembaga dan 462 Pemerintah Daerah di Indonesia terdata membuka lowongan CPNS tahun 2019.

Dimana melalui lowongan CPNS tersebut, Pemerintah membuka 197.111 formasi. Dengan rincian, 37.854 formasi di 68 Kementerian/Lembaga dan 159.257 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00