• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata

Lindungi Satwa Langka, Desa Muara Benangaq-Kubar Kembangkan Objek Wisata Alam

13 November
20:06 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Pemerintah Kampung/Desa Muara Benangaq, Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengembangkan objek wisata alam, memenfaatkan “Pulau Benuang” atau sebidang tanah yang dikelilingi Sungai Mahakam, tepat disisi Hulu Kampung yang memiliki luas lebih dari 53 Kilometer persegi tersebut.

Kepala Kampung atau Petinggi Muara Benangaq Ismawi kepada RRI Sendawar, Rabu (13/11/2019) mengatakan, pengembangan objek wisata ini bukan hanya semata dilakukan untuk menambah pendapatan Kampung namun juga dilakukan guna melindungi beberapa jenis satwa liar termasuk satwa langka yang mendiami pulau tersebut diantaranya Monyet, Kera, Bekantan dan Kukang.

“Itu nanti kita rencana kembangkan apalah bahasanya disitu suaka margasatwa-kah atau kebun binatang, nanti kita kerjasama dengan pihak Kehutanan dan yang terkait lainnya, mencari binatang itu gimana gitu pak. Karena alaminya memang sudah ada disana, kayak Bekantan, Kera, Monyet tinggal kita tingkatkan aja. Kalau Kukang kita belum lihat disana tapi dikampung ini ada. Jenis-jenis ini nanti yang kita akan kembangkan disana, ya binatang yang bisa manjatlah, jadi kalau banjir mereka bisa melindungi diri mereka, itu konsep kita,”katanya

Saat ini, lanjut Ismawi program tersebut tengah dirancang dalam pengajuan Dana Desa (DD) tahun 2020, yang akan diusulkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Kutai Barat pada bulan November tahun 2019 ini.

“Kalau memang dananya mencukupi, kita juga akan bangun Gazebo-Gazebo disana. Jadi secara keseluruhan luasan Pulau itu kurang lebih 20 sampai 30 hektar. Nah dari total luasan tersebut, sudah ada tanah warga seluas 2 hektare yang siap dihibahkan kepada Kampung untuk mengembangkan objek wisata itu,”lanjutnya.

Ia berharap, upaya pengembangan objek wisata ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak terutama warga Kampung Muara Benangaq, sehingga kedepannya memberikan dampak positif terhadap perekonomian Warga setempat dan beberapa jenis satwa langka yang hidup di Pulau tersebut terhindar dari kepunahan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00