• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Puslatbang KDOD LAN Lakukan Penelitian Enterpreneur Local Leadership, Ciptakan Elektabilitas Kepemimpinan Daerah

12 November
20:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN) sepanjang tahun 2019 ini telah melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk menciptakan sebuah model kepemimpinan kewirausahaan daerah (Entrepreneur Local Leadership).

Hal itu dilatarbelakangi adanya isu ketimpangan, kemiskinan dan pengangguran yang hingga saat ini terus menjadi masalah berkepanjangan yang dihadapi daerah. Kondisi tersebut tidak hanya dikarenakan alasan teknik dan kurangnya biaya, namun juga tidak adanya strong local leader yang mampu mengelola sumber daya serta membuat terobosan yang berdampak pada penyelesaian masalah daerah.

Kepala Puslatbang KDOD LAN Mariman Darto disela kegiatan Seminar Hasil Kajian Model Kepemimpinan Kewirausahaan Daerah di Ruang Rapat Puslatbang Kaltim Selasa (12/11/2019) siang mengatakan, terkait penelitian ini minimal ada beberapa hal yang harus dimiliki pemimpin daerah diantaranya sisi kognitif atau potensi intelektual yang strategis.

Minimal ada tiga hal penting yang harus ada dalam diri seorang calon pemimpin daerah, pertama adalah mereka harus memiliki semacam kognitif strategis karena dia dituntut untuk mampu memprediksi masa depan, kedua tugas kepala daerah itu sebenarnya memastikan bahwa isu-isu sosial tentang kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan menjadi isu utama, sehingga keberadaan dan peran dia sebagai seorang kepala daerah itu nyata, dan yang terakhir adalah kemampuan dia berinteraksi, berkomunikasi dengan semua pihak dalam rangka melakukan kolaborasi” tutur Mariman

Dalam kegiatannya, Puslatbang KDOD LAN menghadirkan 3 narasumber diantaranya mantan Walikota Bontang Andi Sofyan Hasdam, Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin dan Dosen Universitas Mulawarman Sugeng Hariadi selaku kalangan politisi, birokrat dan akademisi.

Penelitian ini merumuskan beberapa saran yang diharapkan bisa menjadi perhatian berbagai pihak. Pertama, pemimpin daerah diseluruh Indonesia dapat mengadopsi kepemimpinan kewirausahaan yang sudah disusun sebagai pendekatan untuk menyelesaikan isu ketimpangan, kemiskinan, pengangguran dengan memperhatikan karakteristik daerah.

Kedua, model yang ditawarkan dalam penelitian dapat menjadi bahan pengembangan potensi bagi pelatihan kepemimpinan nasional. Ketiga, perlu adanya penajaman konsep kepemimpinan kewirausahaan daerah, agar terjadi pengembangan model kepemimpinan yang responsive terhadap dinamika serta isu yang berkembang di daerah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00