• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sekretariat Daerah Kubar Wujudkan Eco Office melalui Program Risih Etam

12 November
15:48 2019
1 Votes (1)

KBRN, Sendawar: “Risih Etam” merupakan singkatan dari Prilaku Bersih, Sehat, Hemat dan Nyaman. Salah satu program yang kini mulai digalakkan oleh Pemerintah melalui Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Dalam Rangka menciptakan Kantor Ramah Lingkungan (Eco Office), tahun 2019.

“Kebetulan ini Proyek Perubahan saya dalam diklat PIM tiga. Jadi Risih Etam ini kita berusaha merubah prilaku dari setiap personal, agar bisa berlaku bersih, sehat, hemat dan nyaman menuju perkantoran berkonsep Eco Office di Kubar. Kita berupaya menciptakan kantor yang bersih dulu, karena kalau sudah bersih tentu sehat. Beriringan juga kita menciptakan prilaku hemat, ya hemat listrik, hemat ari, kertas dan lainnya. Nah kalau sudah sepeti itu, tentu kita juga akan nyaman bekerja,”Katakan Kepala Bagian Umum Setda Kubar Yudianto Rihartono kepada RRI Sendawar, Selasa (12/11/2019)

Meskipun belum resmi diluncurkan tambahnya, namun program tersebut sudah mulai dilaksanakan secara bertahap dengan pola penyediaan tong sampah dan penataan ruangan kerja serta penempelan dan pemasangan stiker termasuk banner himbauan Hemat Eenergi, Hemat Air, di Larang Merokok dan lain sebagainya di lingkungan Sekretariat Daerah Kubar.

“Kita sekarang mulai dengan mencetak dan menempel stiker dan banner agar dilihat. Supaya yang tadinya apatis, cuek bisa peduli. Itu terutama di kamar kecil kita tempel stiker hemat air, kemudian listrik juga kita buat bannernya, juga kita buat banner dilarang merokok dan lainnya. Selain itu juga kita buat tong sampah yang lebih baik, terbagi yang mana kertas, plastik dan organik. Termasuk menata ruangan dengan bunga agar estetikanya bagus, menghilangkan kejenuhan saat bekerja dan tentu untuk suasanya yang sejuk,”tambahnya

Selain dalam bentuk himbauan lanjut Yudi, melalui Program Risih Etam ini juga, akan digalakkan Senam Germas setiap Pukul 10.00 dan 14.00 Wita setiap harinya, serta mulai mengkonsumsi makanan sehat seperti rebus-rebusan dan buah.

“Sekarang itu di Setkab, sekitar lima menit  ada diputar lagu atau musik, jadi selama lima menit itu kita melaksanakan senam germas. Itu satu hari dua kali, sekitar lima menit di jam sepuluh pagi dan jam dua siang untuk kita menggerakkan badan. Cuma ini masih berproses, karena masih baru. Kemudian juga untuk makanan, kita nanti tidak menggunakan kemasan plastik atau styrofoam. Bahkan snack kita bukan lagi kayak roti dan lainnya, tapi kita mulai dengan yang rebus-rebusan, kayak singkong rebus, kacang rebus dan buah-buahan,”lanjutnya.

Menurut Yudi, program ini dilaksanakan guna menumbuhkan kesadaran para Pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat agar membudayakan hidup hemat, bersih dan sehat.

Dimulai melalui jangka pendeknya dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten dengan harapan jangka panjangnya dapat diikuti oleh Seluruh Organisasi Prangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup Pemerintah Kutai Barat. Sehingga terciptanya Kantor Ramah Lingkungan, menuju hari esok yang lebih baik dari pada hari ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00