• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kurangi Penggunaan Plastik dalam Penyajian Hidangan Rapat dan Penjualan Makanan di Kantin

12 November
13:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) FX Yapan, mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 339/4029/Umum-Tu.P/XI/2019 Tentang Himbauan Pengurangan Penggunaan Plastik, per-tanggal 6 November tahun 2019.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kubar Yudianto Rihartono kepada RRI Sendawar, Selasa (12/11/2019) mengatakan, Surat Edaran Bupati tersebut dikeluarkan, menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) Republik Indonesia Nomor: SE.3/UM/RT/SET.1/2/2018 Tentang Himbauan Penyediaan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik.

“Ini sudah pasti kita lakukan untuk mendukung Pemerintah Pusat dalam rangka mengurangi sampah plastik. Dan Pemerintah sendirilah yang harus memulai duluan sebelum kita menghimbau ke-masyarakat banyak,”katanya

Ia menjelaskan, sasaran Himbauan Pengurangan Penggunaan Plastika itu, ditujukan kepada Seluruh Kepala Prangkat Daerah, TNI dan Polri, Instansi Verikal dan BUMD, Sekolah, Madrasah dan Pondok Pesantren, Rumah Sakit dan Puskesmas serta Komunitas Peduli Lingkungan.

“Ini terutama untuk Dinas-Dinas dan Instansi terkait, terutama dalam setiap rapat. Jadi dalam penyajian makan-minum rapat ini kita berusaha mengurangi sampah plastik seperti kemasan minuman sekali pakai dan makanan yang dibungkus dengan plastik, yang tidak bisa mengurai. Itu kita hindari, kita fokus ke-kemasan organik atau yang mudah terurai seperti kertas dan daunan. Pelan-pelan kita menuju Perkantoran yang bersih dari sampah plastik,”jelasya

Selain dari sisi penyajian, masalah penjualan khususnya di Kantin-Kantin Sekolah dan Perkantoran juga, lanjut Yudi dihimbau agar menggunakan kemasan berbahan organik atau yang mudah terurai seperti daun dan kertas.

“Kalau di Sekolah-sekolah seperti di Kantin, nanti kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat semacam himbauan lagi ke Sekolah-sekolah. Jadi setiap kantin, ini tidak hanya di Sekolah di setiap perkantoran juga agar menjual makanan itu tidak berkemasan plastik,”lanjutnya

Yudi menyebutkan, Pengurangan Penggunaan Plastik sesuai Surat Edaran Bupati tersebut meliputi, setiap pelaksanaan Rapat, Koordinasi, Sosialisasi, pelatihan dan kegiatan sejenis. Baik di Gedung maupun di Hotel wajib menyediakan hidangan rapat (snack, makanan dan minuman) yang tidak menggunakan kemasan dan tutup plastik.

Kemudian setiap kantin baik di Kantor maupun Sekolah agar tidak menjual makanan berkemasan plastik dan disarankan menggunakan kemasan berbahan organik atau yang mudah terurai seperti daun dan kertas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00