• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Untuk Pertama Kali, Pramuka Kubar Berpartisipasi dalam Jambore Dunia Jota-Joti

20 October
22:35 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Untuk pertama kalinya, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti kegiatan Jambore di Udara dan Jambore di Internet atau Jambore On The Air – Jambore On The Internet (JOTA JOTI) tahun 2019 ini.

“Ini adalah kegiatan tahunan tingkat Dunia dan kegiatan terbesar yang dikelola oleh Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia yang lebih dikenal dengan sebutan World Organization of the Scout Movement (WOSM),”Kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kubar Yakobus Yamon kepada RRI Sendawar, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan JOTA-JOTI tahun ini, lanjut Yamon, diikuti oleh 30 Peserta anggota Pramuka Kutai Barat, yang dipusatkan di Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Kubar lingkungan Perkantoran Pemerintahan, selama 3 hari mulai tanggal 18 hingga 20 Oktober 2019.

Ditambahkan, dalam kegiatan tersebut, para peserta baik antar sesama anggota Pramuka di Wilayah Indonesia maupun dengan peserta yang ada di Luar Negeri saling berinteraksi dan bertukar pengalaman khususnya dalam kegiatan JOTI melalui aplikasi Scoutlink. Sementara untuk Kegiatan JOTA melalui Aplikasi CB Talk Permidnas anggota Pramuka Kubar tidak bisa mengakses karena terkendala teknis.

“Komunikasi yang mereka lakukan, pertama mereka menggali, bagaimana sih pramuka baik yang di wilayah Indonesia atau Negara lain, misalnya di Pakistan, di Jerman. Seperti apa kondisi disana, apa saja kegiatan mereka dan begitupun sebaliknya, mereka juga bertanya ke-kita. Ya tukar pengalaman-lah,”tambah Yamon.

Mengingat Kutai Barat baru pertama kali mengikuti kegiatan JOTA-JOTI, lanjut Yamon, banyak kesan yang didapat dalam pelaksanaannya, salah satu terkait interaksi peserta yang menggunakan Bahasa Asing khususnya dengan peserta dari luar Negeri, dan tentunya menjadi pengalaman baru bagi Pramuka Kubar

“Berkesan karena mereka berhasil berkomunikasi dengan Pramuka-Pramuka di beberapa Negara, itu pengalaman berkesan sekali dan mereka bisa berinteraksi dengan Bahasa Inggris, ya sekaligus melatih mereka Berbahasa Inggris Juga. Kemudian berkesannya juga menjadi pengalaman baru bagi kami di Kwarcab untuk melaksanakan kegiatan ini,”lanjutnya

Yamon menyebutkan, selama pelaksanaan JOTA JOTI tahun 2019, Anggota Pramuka Kutai Barat berhasil berkomunikasi dan bertukar pengalaman dengan anggota Pramuka pada beberapa Daerah di Indonesia termasuk Negara lain seperti Amerika, Canada, India, Bangladesh, Turki, Australia, dan Mexico.

Dalam kesempatan yang sama, Pembawa Materi kegiatan JOTA JOTI Kubar Aswin menjelaskan, Khususnya kegiatan JOTI, materi yang disampaikan berkaitan dengan aplikasi Scoutlink guna memudahkan peserta dalam mengikutinya.

“Materinya itu lebih ke-pengenalan IRC atau Internet Relay Chat . Nah kalau untuk Pramuka seluruh Dunia dia punya yang namanya Web Chat Scoutlink. Web Chat Scoutlink itu dia di PC, kalau di Handphone Android dia ada Program Aplikasi Scoutlink sendiri. Tapi itu basic-nya IRC, jadi sebenarnya aplikasi emergency, maksudnya kalau misalkan WhatsApp, Line dan lain-lain itu mendadak eror atau apa, IRC itu masih berfungsi untuk antar Negara,”jelasnya.

Dari materi yang disampaikan, Ia mengaku para peserta sangat cepat memahami, bahkan hanya berbekal soft copy materi mereka sudah mampu bereksperimen sendiri tanpa bimbingan langsung dari pemateri.

“Anak Kubar ini lumayan hebat ya, maksudnya akukan baru bawa materi baru sampai Scoutlink, mereka sudah eksperimen sendiri. Kan seharunya materi itu kuajarin untuk ke-esokan harinya, ternyata mereka sudah bisa semua, itu hanya ku kasih soft copy aja. Jadi soft copy kukasih, mereka eksperimen dan sudah bisa video call semua,”ungkapnya

Selama pelaksanaan, tambah Aswin tidak ada kendala yang dihadapi baik dari sisi peserta maupun koneksi internet di Kutai Barat, hanya saja kendala yang terjadi memang dari server WOSM, mengalami Down karena banyak yang mengakses. Namun secara umum pelaksanaan JOTA JOTI di Kubar berjalan dengan baik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00