• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ini Imbauan Tokoh Agama Kubar Jelang Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

17 October
18:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Sejumlah tokoh agama di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan kedamaian menjelang pelantikan Joko Widodo dan KH.Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.

Seperti disampaikan Ustadz Husein Syahri Romadhon, salah satu tokoh agama Muslim di Kutai Barat. Ia mengajak masyarakat untuk berperan aktif menciptakan suasana yang tertib dan rukun jelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2021.

“Mari kita jaga kondusifitas di manapun kita berada. Kami mengimbau kepada semua umat dan masyarakat, bahwa siapapun yang terpilih itu adalah Takdir dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan kita besama-sama mendukung pemerintahan yang akan datang,” ungkap ustadz Hesein di Sendawar (17/10/2019).

Ia juga menegaskan bahwa semua umat beragama sejatinya cinta perdamaian. Karena itu dengan tegas dirinya menolak tindakan kekerasan maupun kerusuhan yang mengganggu ketertiban masyarakat termasuk saat pelantikan presiden dan wapres di Istana Negara.

“Kami menolak segala bentuk unjuk rasa, terorisme, radikalisme serta kerusuhan. Mudah-mudahan itu semua tidak terjadi dan kita semua menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial yang cinta damai,” pesannya.

Imbauan yang sama juga disampaikan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kutai Barat H.Achmad Ashrori. Ulama Kubar ini mendukung penuh upaya-upaya pencegahan yang dilakukan kepolisiaan maupun TNI guna meredam segala bentuk keonaran menjelang maupun saat pelantikan.

“MUI mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Polres Kabupaten Kutai Barat dan Kodim 0912 Kutai Barat dalam menjaga kamtibmas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden tanggal 20 oktober 2019. Mari kita jaga situasi dan kondisi supaya tetap aman, damai dan tenteram. Dan kami menolak adanya kerusuhan,” tegasnya.

Terpisah pemuka agama kristen Kubar Pendeta Rokim Lawen juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Nusantara untuk ikut mensukseskan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin serta menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kami sangat mendukung pelantikan ini semoga berjalan aman dan kondusif. Yang kedua mari kita tetap bersatu. Memang dulu karena perbedaan pilihan politik jadi terpecah tapi karena sudah terpilih kita harus bersatu kembali bergandeng tangan menjaga kedamaian.  Jangan sampai ada permusuhan antara satu dengan yang lain. Kemudian kita menolak yang radikal-radikal itu supaya dihapuskan,” pesan pendeta Rokim Lawen.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00