• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

PT Bankaltimtara telah Berikan Deviden Rp70,1 Milyar kepada Pemkab Kubar

17 October
14:11 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) merupakan salah satu dari 17 Pemegang Saham terbesar di PT Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Bankaltimtara), sejak menanam modal saham melalui Bankaltimtara Cabang Sendawar pada tahun 2001 silam.

“Pemerintah Kabupaten Kutai Barat ini tidak pernah absen untuk menyetorkan modalnya setiap tahun dari tahun 2001 sampai tahun 2019 ini. Sedangkan akumulasi total setoran modal Pemkab Kubar berdasarkan catatan kami sampai dengan Desember 2018 sudah mencapai Rp. 64.350.000.000”Kata Pimpinan Bankaltimtara Cabang Sendawar Yudhi Susatyo kepada RRI Sendawar, Kamis (17/10/2019)

Dari jumlah modal yang disetor tersebut, lanjut Yudhi, Bankaltimtara telah memberikan benefit dalam bentuk Deviden atau pembagian laba (Keuntungan) kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat sebagai pemegang saham berdasarkan banyak saham yang dimiliki, sebesar Rp70,1 Milyar.

“Jumlah setoran modal Pemkab Kubar dari tahun 2001 sampai Desember 2018 berjumlah Rp64,3 Milyar lebih. Nah dari jumlah tersebut Deviden yang Bankaltimtara berikan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, yang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah, telah berjumlah Rp70.142.000.000,”lanjutnya

Dengan demikian tambah Yudhi, menfaat yang diterima oleh Pemkab Kutai Barat telah melebihi modal yang disetorkan dan hal tersebut selaras dengan rekomendasi pada kajian akademis oleh Unit Layanan Strategis (ULS) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kalimantan Timur (P2MKT) Universitas Mulawarman (Unmul) bahwa Bankaltimtara adalah pilihan terbaik untuk berinvestasi bagi Pemkab Kutai Barat.

Untuk diketahui, Susunan Pemegang Saham PT Bankaltimtara saat ini yakni, diposisi pertama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), kemudian disusul Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemkab Berau, Bulungan, Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara).

Kemudian, Pemkot Balikpapan, Pemkab Tana Tidung, Kutai Timur (Kutim), Paser, Malinau, Nunukan, Pemkot Tarakan, Pemkab Kutai Barat, Pemkot Bontang, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), Pemkot Samarinda, dan Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00