• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial dan Budaya

Pekan Seni Media 2019 Sinkronik Kaltim Resmi Dibuka Kemendikbud RI

20 September
23:08 2019
2 Votes (5)

KBRN, Samarinda: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) berkerjasama dengan Arcolabs untuk menggelar pameran Pekan Seni Media, yang digagas oleh Direktorat Kesenian pada Jumat (20/09/2019) malam di Taman Budaya Kaltim, Jl. Kemakmuran, Samarinda.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendekatkan seni media kepada publik, sekaligus guna memetakan dan membangun suatu ekosistem seni media Indonesia, khususnya di kota Tepian saat ini. Event kali ini  yang dipamerkan dalam Pekan Seni Media merupakan karya yang dieksplorasi oleh Sudjud Dartanto sebagai Kurator dan Jeong Ok Jeon, serta terdiri dari kurang lebih sebanyak 23 seniman yang terlibat.

Kepada RRI Sudjud menjelaskan, para seniman ini mempresentasikan beragam variasi karya, dari segi fotografi dan video eksperimental, hingga kinetik, bunyi, cahaya dan multimedia yang partisipatif  yang berdasarkan sesuai tema yaitu, Sinkronik.

“Pameran Seni Media ini ada pameran yang menyuguhkan, menampilkan, mempresentasikan karya-karya baru, dimana ini adalah media baru yang lebih jelas diluar penjelajahan media seni patung dan seni lukis serta teknologi,” jelasnya.

Disamping itu sebagai Staf Ahli Kemendikbud Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta mengatakan sangat bangga dengan pergelaran pameran kali ini, dan berharap terus hal ini menjadi tradisi bagi Kaltim, mengingat ini yang pertama kalinya digelar di Benua Etam.

“Kami dari Kemendikbud RI sangat bangga betul, saya tidak bisa membayangkan kalau ini dilakukan oleh semua kalangam anak muda yang ada di Indonesia. Saya rasa hari ini kita membuat sejarah baru bagi Kaltim, karena event ini adalah yang pertama. Kita berharap ini akan menjadi tradisi bagi Kaltim untuk menggali kreatifitas-kreatifitas anak muda dan melestarikan budaya itu,” ungkapnya.

Sementara itu Restu Gunawan, Direktur Kesenian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengatakan bahwa untuk mengajak masyarakat sekitar dalam belajar mengenai seni dan berharap dari komunitas hingga pemerintah pusat untuk saling bersinergi dalam membangun seni yang lebih baik lagi.

“pekan seni ini adalah yang pertama, antara teater, seni rupa, seni media dan juga film digabung menjadi satu. Di event Samarinda ini, sebenarnya ingin mengajak kawan-kawan juga untuk saling belajar. Saya berharap teman-teman disini saling belajar, kemudian bisa dikapitalisasi. Jadi harapannya ini bagian dari kerjasama antara kolaboratif dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat dan komunitas untuk membangun seni lebih bagus,” pungkasnya.

Rangkaian acara Pekan Seni Media ini akan berlangsung selama 7 hari dari 20-26 September 2019, di Taman Budaya Kaltim, Jl.Kemakmuran, Samarinda. Dimana pembukaan event ini juga turut dihadiri Gubernur Kaltim yang diwakilkan oleh Muhammad Sa’bani sebagai Plt Sekda Prov Kaltim.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00