• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial dan Budaya

DDPI Minta Masyarakat Kaltim Waspadai Bencana Kekeringan

20 September
07:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Dampak dari musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah Kalimantan Timur diprediksi berlangsung lama. BMKG memprediksi kemarau masih melanda Kaltim hingga pertengahan Oktober bulan depan.

Berdasarkan pemikiran Dewan Perubahan Iklim Provinsi (DDPI) Provinsi Kalimantan Timur, musim panas kemarau, bukan hanya pada peningkatan titik panas atau hotspot di daerah, tapi juga peningkatan, pertambahan, kekerasan

Konsultan untuk Tenaga Ahli Social Development DDPI Kaltim Ahmad Wijaya kepada RRI mengingatkan masyarakat terutama di wilayah sulit air agar memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memanen air hujan dan membuat penampungan air bersih yang memadai sehingga kemarau panjang tidak menimbulkan kesulitan bagi masyarakat.

"Masyarakat harus buat penampung air supaya tidak kesulitan di masa-masa kekeringan. Manfaatkan lah teknologi pemanen hujan", ungkapnya Jumat (20/9/2019).

Sebelumnya, dampak kemarau berkepanjangan juga diakui mengancam ketersediaan air bersih terutama yang bersumber dari Sungai Mahakam. Debit air di aliran sungai terbesar di Kalimantan Timur itu menunjukkan penurunan akibat kemarau. Beruntung, sebagian wilayah di Kalimantan Timur dinyatakan memasuki fase kemarau basah sehingga sesekali masih menerima guyuran hujan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00