• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Polres Kubar Amankan 3 Pelaku Pembakar Lahan

19 September
18:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Kepolisian resor (Polres) Kutai Barat (Kubar) mengamankan 3 orang yang diduga melakukan pembakaran lahan. Mereka diamankan di lokasi kejadian kawasan Kampung Keay kecamatan Damai, Kutai Barat kamis (19/9/2019).

“Hari ini sudah 3 orang tersangka  yang kita amankan,” ungkap Kabag Operasional Polres Kubar Kompol Sarman.

Penetapan tersangka sebut Sarman, berdasarkan keterangan saksi serta bukti di lapangan. Dugaan sementara para pelaku membakar untuk pembersihan lahan pada rabu sore kemarin namun lupa dimatikan sehingga api merambat ke lokasi sekitar dan menghanguskan areal sekitar 1 hektar.  Sarman menegaskan pihaknya akan menindak pelaku pembakar hutan dan lahan, baik sengaja maupun karena kelalaian.  

Dia mengingatkan bahwa membuka lahan dengan cara membakar secara tegas dilarang dalam Undang –undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pasal 69 Huruf h.

Namun Sarman juga menyebut bahwa kearifan lokal masyarakat dalam membuka lahan dengan cara membakar juga tidak dapat dikesampingkan. Kearifan lokal itu adalah pengecualian dari pemerintah  jika masyarakat melakukan pembakaran lahan dengan luas lahan maksimal 2 hektare per kepala keluarga, seperti diatur dalam UU PPLH.

Hanya saja ia menegaskan tetap ada syarat dan aturan berlaku terkait pembakaran lahan seluas dua hektar  tersebut. Apalagi kondisi seperti sekarang ini dimana karhutla kerap terjadi hampir tiap hari yang menimbulkan kabut asap.

“Soal kearifan lokal itu persyaratannya tidak sembarangan. Bukan asal masyarakat punya tanah dua hektar boleh dibakar tidak seperti itu. Harus ada pengesahan dari pemerintah, harus lapor ke desa/petinggi dan instansi terkait.

“Jadi kami mengimbau saat ini tidak ada lagi yang bakar dua hektar. Karena kalau semua warga bakar  bisa timbul permasalahan apalagi kondisi seperti sekarang ini dampak dari kebakaran ini, jadi harus kita jaga sama-sama,” imbau Sarman.

Sarman mengingatkan setiap warga yang ingin melakukan pembakaran lahan wajib melapor kepada kepala kampung atau badan terkait.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00