• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Balon Bupati-Wakil Bupati Kubar, FX.Yapan dan Edianto Arkan Mendaftar di 5 Parpol

19 September
17:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Pasangan FX.Yapan dan Edianto Arkan kembali mendaftar pada sejumlah partai politik, sebagai bakal calon (balon) bupati-wakil bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Pantaua RRI Kamis (19/9/2019), pasangan yang identik disebut Yakan itu mendatangi tiga kantor sekertariat partai. Pertama mereka menyambangi sekteretariat partai Golkar, jalan Sendawar Raya Kampung Sendawar Kecamatan Barong Tongkok. 

Pasangan yang masih aktif sebagai bupati-wakil bupati Kubar ini diterima oleh ketua tim penjaringan bakal calon kepala daerah Anwar Yamhun serta ketua DPD Golkar Kubar Zainudin Thaib dan sejumlah kader golkar. FX.Yapan dan Edianto Arkan bersama timnya langsung menyerahkan berkas pencalonan kepada tim penjaringan untuk dilakukan verifikasi.

Ketua DPD Golkar kubar Zainudin Thaib mengatakan pihaknya hanya sebagai perpanjangan tangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar. Soal keputusan calon yang bakal diusung partai berlambang pohon beringin itu dalam pilkada 2020 adalah kewenangan DPP

“Terima kasih atas kepercayaan bapak berdua kepada partai golkar dan mendaftar sebagai bakal calon yang akan kami rekomendasikan ke DPP. Karena kami DPD II hanya sebagai perpanjangan tangan dari DPP dan melaksanakan juklak nomor 6. Oleh sebab itu apapun keputusan DPP itulah yang terbaik bagi kabupaten Kutai Barat”, katanya.

FX.Yapan dihadapan pengurus golkar menyatakan siap menerima apapun keputusan DPP Golkar.

“Walaupun seandainya kami tidak direkom, sebagai orang politik kita ikhlas. Tapi kita tetap bekerja sama rapatkan barisan bahu membahu. Karena tidak ada yang bisa memajukan daerah ini pake kekuatan sendiri,” ujar Yapan yang juga ketua DPC PDI Perjuangan tersebut.

Usai dari kantor Golkar rombongan Yakan menyambangi sekretariat partai amanat nasional (PAN) di  jalan Pelan Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak. Disana Yakan disambut meriah dengan tarian daerah suku dayak. Sekitar satu jam proses pendaftaran diselingi sambutan dari kedua belah pihak. 

Ketua DPC PAN Kubar H.Sopiansyah mengatakan partainya adalah pendukung setia pemerintah Kubar. Sejak pasangan Ismail Thomas dan Didiek Effendi memenangkan pilkada Kubar dua periode yakni 2006-2011 dan 2011-2016, kemudian  pasangan Yakan di periode pertama 2016-2021. Sehingga untuk pilkada 2020-2024 kemungkinan berkoalisi dengan PDIP sebagai pengusung utama Yakan sangat terbuka.

“Mudah-mudahan DPP PAN juga memberikan rekomendasi Yakan II”, katanya.

Sementara bakal calon wakil bupati Edianto Arkan ikut berterimakasih karena PAN terus mendukung pemerintah dan berharap dukungan yang sama juga diberikan untuk yakan di periode ke-2.

“Kami berdua menyerahkan kepada PAN untuk menilai bagaimana perjalanan pemerintahan kami dengan segala kekurangan dan akan terus berupaya maksimal sampai akhir pemerintahan kami. Untuk itulah kami terus mengharapkan dukungan PAN, tidak hanya masa pemerintahan sekarang, tapi untuk menyambung pemerintahan yang akan datang yaitu di pilkada 2020-2024”, harap Edianto.

Setelah dari sekretariat PAN, pasangan petahana ini juga mendaftar ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kelurahan Melak Ilir Kecamatan Melak. Dengan demikian sejauh ini sudah 5 parpol yang didatangi. Yakni PDIP, PKB, Golkar, PAN dan PKS. Jika direstui 5 parpol tersebut, Yakan jilid dua dipastikan memiliki koalisi gemuk. Pasalnya dari komposisi kursi DPRD Kubar, petahan sudah mengatongi 14 kursi dari 25 kursi legislatif.

Meski begitu ada nama-nama lain  yang juga masuk bursa pemilihan umum tahun depan. Ahmad Sayful dari partai golkar dan bupati kubar pertama Rama Aleksander Asia juga digadang-gadang bakal maju di pilkada serentak 2020. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00