• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

DPRD Kutai Barat telah Bentuk 5 Fraksi untuk Periode 2019-2024

22 August
15:49 2019
1 Votes (4)

KBRN, Sendawar: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah membentuk 5 Fraksi untuk Periode 2019-2024, yang ditetapkan dalam Sidang Paripurna DPRD Kubar pada tanggal 20 Agustus 2019.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kubar, Zainudin Thaib, saat dikonfrimasi RRI Sendawar, Kamis (22/8/2019) mengatakan, Pembentukan Fraksi di DPRD Kubar, dilakukan sesuai undang-undang, dimana setiap Partai Politik yang memperoleh kursi sama atau lebih dari jumlah Komisi, sesuai perhitungan jumlah anggota dewan, berhak membentuk Fraksi Murni.

“Sesuai undang-undang-kan, setiap partai politik yang memperoleh kursi sama dengan jumlah komisi itu berhak membentuk Fraksi Murni. Jadi kalau jumlah anggota dewannya 20 sampai 30 orang bisa membentuk 3 komisi. Kebetulan di Kutai Barat jumlah anggota dewannya 25 orang, jadi bisa membentuk 3 komisi. Nah jumlah inilah yang menentukan Partai Politik itu bisa membentuk Fraksi murni, sedangkan partai politik yang tidak memenuhi jumlah komisi tersebut membuat Fraksi gabungan,”katanya.

Dari ke-5 Fraksi tersebut, lanjut Zainudin, terdapat 3 Fraksi Murni yakni PDI Perjuangan, Golkar dan Partai Demokrat, sedangkan 2 Fraksi lainnya merupakan Gabungan Partai Politik (Parpol), yang sukses meraih kursi di DPRD Kubar, dalam agenda Pemilu serentak 2019.

“Yang seharusnya Fraksi murnikan PDI-Perjuangan karena dapat enam kursi, termasuk Golkar, Hanura, Demokrat dan PAN yang masing-masing dapat 3 kursi. Nah diluar lima partai ini, ada yang dapat dua kursi, seperti Gerindra dan Nasdem. Yang satu kursi, ada PKS, PKB dan Perindo. Nah mereka yang tidak mendapatkan tiga kursi ini, bergabung dengan partai lain, kayak Nasdem dan Perindo gabung ke-Hanura, PKB gabung ke-Golkar, terus Gerindra dan PKS gabung ke-PAN. Jadi ada 5 Fraksi yang terbentuk di DPRD Kubar Periode 2019-2024,”tandasnya

Fraksi ini, tegas Zainudin merupakan perpanjangan tangan dari Partai Politik untuk menyampaikan Aspirasi Masyarakat, berkaitan dengan Pembangunan yang ada, khususnya di Kabupaten Kutai Barat.

Maka itu, Ia mengharapkan, dengan telah dibentuknya Fraksi di DPRD Kubar, Fungsi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan, kemudian kebijakan yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dapat semakin baik. Sehinga pembangunan dapat berjalan sesuai harapan dan dapat menciptakan Pemerintahan yang bersih di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

Zainudin menambahkan, setelah Pembentukan Fraksi ini, pihaknya akan membentuk Panitia Khsus (Pansus) Tata Tertib (Tatib), untuk membentuk unsur-unsur Alat Kelengkapan Dewan (AKD) termasuk unsur Pimpinan yang ditargetkan, rampung pada bulan Oktober 2019 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00