• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Melalui Pelatihan, PKK Kubar Bentuk Komunitas Penumpar di Tiap Kecamatan

22 August
15:43 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Kelompok Kerja (Pokja) II Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar Pelatihan Menumpar diikuti Kader PKK perwakilan 16 Kecamatan, berlangsung di Gedung Serba Guna Kantor PKK Kubar, Rabu (21/8/2019).

Wakil Ketua III Berta Purwanicayanti, saat membacakan sambutan, Ketua TP-PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, kegiatan menumpar ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan serta menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Penumpar yang trampil dan tersedia di tiap Kecamatan, dalam bentuk Komunitas yang dibina melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“Latarbelakang kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan seni budaya, sehingga munculnya rasa bangga untuk mengenakan busana kreatifitas motif daerah, salah satunya busana sulam tumpar. Seiring dengan permintaan pasar yang meningkat, yang tentunya menjadi peluang potensi ekonomi menjanjikan, terutama dalam keluarga,”katanya.

Ia menjelaskan, dengan meningkatkan ketrampilan para Kader PKK ini, dapat menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif. Karena melalui para kader ini-lah diharapkan bisa menjadi pionir suksesnya program PKK, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan Kelaurga, hingga ke-kelompok-kelompoak masyarakat terkcil di wilayah masing-masing.

Namun demikian, Bertha menegaskan, untuk  mewujudkan keluarga yang berdaya dan sejahtera bukan hanya tugas dan tanggungjawab Pemerintah atau Tim Penggerak PKK, akan tetapi perlu kerjasa sama seluruh stakeholder, tidak terkecuali pihak swasta.

Melalui kapasitas dan wewenang yang ada, marilah kita dukung perluasan pengetahuan dan ketrampilan ekonomi keluarga, sebab hasil tumpar yang ada dapat bernilai seni yang tinggi, bahkan mampu bersaing dengan daerah lain,”tegasnya.

Sementra itu, Ketua Panitia, Maisarah menyebutkan pelatihan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pegrajin Tumpar, dalam hal ini adalah para Penumpar yang sudah ahli dan menggeluti bidang ini, selama 6 tahun lamanya, yaitu ada Siti Hapidah dan Maria Novi, terima kasih untuk seluruh pihak yang mensukseskan kegiatan ini”, sebutnya.

Maisarah berharap, Ilmu yang diterima dalam pelatihan ini dapat diimplementasikan oleh para peserta di Wilayah masing-masing, selaras dengan tujuan pelaksaannya menuju hari esok yang lebih baik dari pada hari ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00