• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Cegah Penyakit Ifeksi dan Metabolik, IDI Kubar Gelar Seminar Kesehatan

20 August
13:49 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Edyanto Arkan membuka langsung kegiatan Seminar Kesehatan terkait Pentingnya Kesadaran Masyarakat akan Bahaya Penyakit Hepatitis B, TBC dan Diabetes. Yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kubar bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Khatulistiwa, di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Harapan Insan Sendawar (HIS), Selasa (20/8/2019).

Seminar tersebut diisi oleh Narasumber dari Surabaya yakni, Konsultan Penyakit Infeksi Prof. Dr. Aryati, dr, MS, SpPK (K) dan Konsultan Gastroenterohepatologi dr. Leonita Anniwati, SpPK (K). Diikuti puluhan peserta dari Organisasi Prangkat Daerah (OPD) terkait, Instansi Vertikal, Instansi Kesehatan, Perwakilan Klinik, Perusahaan Swasta, serta Tokoh Masyarakat di Wilayah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, memberikan apresiasi atas inisiatif IDI Kubar yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, dengan harapan dapat dioptimalkan oleh peserta termasuk para Dokter dan Insan kesehatan lainnya, sebagai upaya meningkatkan drajat kesehatan masyarakat, khususnya di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Kepada semua peserta, ini untuk secara maksimal terus kita gali, apa yang mereka berikan kepada kita. Kemudian kepada para Insan Kesehatan termasuk para dokter, gunakan kesempatan ini untuk melakukan pembaharuan informasi kesehatan yang diberikan oleh para Narasumber. Mudah-mudahan seminar ini memberikan menfaat besar kepada kita semua dalam meningkatkan drajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Kutai Barat,”tandasnya

Terpisah, Ketua IDI Cabang Kutai Barat dr. Andi Ardhana Mamahit, Sp.KFR saat dikonfirmasi RRI Sendawar, disela-sela kegiatan mengatakan, Seminar ini dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan serta upaya penaganan tiga penyakit tersebut.

“Kita sama-sama tahu bahwa penyakit Hepatitis B sama TBC itukan penyakit Infeksi, kemudian Diabetes adalah penyakit Metabolik, jadi terkait pola hidup, pola makan, dan aktifitas. Ketiga penyakit ini mempunyai efek jangka panjang yang bisa mempengaruhi seluruh tubuh, sehingga kualitas hidup jadi berkurang. Nah tujuan kita bertemu hari ini adalah bagaima sih mencegah jangan sampai jatuh ke-yang kronis. Terus bagaimana, misalnya walaupun mereka sudah kena, tapi bisa mengontrol, supaya efeknya itu tidah bertambah berat,”katanya.

Untuk itu, Ia menghimbau para peserta agar dapat memenfaatkan seminar dengan baik serta dapat menerapkan dan membagi ilmu yang diterima kepada Warga lainnya di Wilayah masing-masing. Terutama dalam menjaga pola hidup sehat serta konsumsi makanan yang bergizi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00