• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Musim Kemarau, Distribusi Air Bersih di Kubar Tidak Maksimal

19 August
15:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Akibat Musim kemarau, suplai air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sendawar Kabupaten Kutai Barat (Kubar) tidak maksimal ke-pelanggan. Daya sedot pipa PDAM Kubar semakin kecil, karena kondisi air surut.

Direktur PDAM Tirta Sendawar, Untung Surapati saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Senin (19/8/2019) mengaku, belum ada langkah khusus yang dipersiapkan guna mengantisipasi jika kondisi semakin memburuk, karena keterbatasan sarana penunjang.

Namun demikian, Ia menegaskan, sampai sejauh ini, pendistribusian air bersih ke-pelanggan tetap berjalan normal, walaupun dengan kondisi kurang maksimal.

“Kalau sifat-nya menyediakan air bersih secara khusus kepada pelanggan kita belum ada program, karena itu juga terkait dengan sarana kita. Kalau di Daerah lainkan ada seperti Water Truck atau truck air yang bisa disuplai ke-pelanggan, nah kita sementara inikan belum ada itu. Tapi walaupun kemarau, dan kondisi sekarang tidak maksimal, suplai air kita tetap normal. Tidak maksimalnya itu karena semakin air surut, daya sedot pipa kita semakin kecil, itu yang terjadi sekarang. Nah inilah yang kita upayakan, bagaimanapun caranya, walaupun pelan tapi harus tetap ada suplai,”tegas Untung.

Sementara ini, lanjut Untung Surapati, dengan keterbatasan yang dihadapi, pihaknya tetap mengupayakan agar suplai air tetap terjaga. Diantaranya melakukan pemadaman distribusi air bersih secara bergilir pada zona-zona tertentu kepada para pelanggan di Kutai Barat.

Maka itu, Ia berharap, agar pelanggan juga mempersiapkan diri, terutama dalam menyediakan tong penampung air yang bisa dimenfaatkan dua sampai tiga hari. Sehingga tidak terganggu dengan jadwal pemadaman distribusi air bersih yang dilakukan. Dengan harapan kondisi kemarau tidak berkepanjangan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00