• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

ESDM Kaltim Tidak Mampu Atasi Masalah Tambang Seorang Diri

19 August
09:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : 70 persen wilayah kota Samarinda telah dikepung oleh  pertambangan.

“ kalau Samarinda memang dari total wilayah 70 persen telah dikuasi oleh usaha pertambangan ” Ungkap Wahyu Widi Heranata Kadis ESDM Kaltim .Senin (19-8-2019).

Menurutnya, memang dari total 1404 Izin Tambang di Kaltim ada PK2B yang izinnya diberikan oleh Pemerintah Pusat sementara IUP oleh Pemerintah Kabupaten /Kota yang kini telah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi . Kewenangan yang luas ini yang disebutkan Wahyu Widi tak mampu dikerjakan seorang diri oleh ESDM Kaltim oleh karena itu Ia minta dukungan dari semua pihak baik OPD terkait atau warga terkhusus bagi orang tua .

“ saya harus katakan pihak ESDM Kaltim tidak mampu perlu keterlibatan dari masyarakat itu sendiri ” Tegas Didit sapaan akrabnya.

Terkait Lubang tambang Didit memastikan itu adalah kewajiban dari perusahaan tambang karena jamrek peruntukannya bukan untuk menutup lubang tambang namun untuk reklamasi dan revegetasi sehingga bagi perusahaan tambang yang masin “ nakal  ”, Ia memastikan akan melakukan tindakan tegas.

“ Nah kalau Good mining practices itu sudah kewajiban mereka menutup bukan pemerintah ” Tandas Didit.

Wahyu Widi Heranata kembali mengingatkan para orang tua agar peristiwa meninggalkan warga Kaltim dengan mayoritas anak-anak di lubang bekas tambang ini tidak terulang harus ada kepedulian dari semua. Didit mencontohkan yang paling awal adalah keluarga  kemudian lingkungan sementara pemerintah adalah tegas Didit merupakan lapis paling akhir.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00