• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

DPR RI Minta Pemda Kaltim Kooperatif Bongkar Kasus Tambang Di Benua Etam

19 August
08:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda  : Anggota DPR RI Dapil Kaltim Ihwan Datu Adam memastikan jika ada perusahaan tambang yang beroperasi melanggar aturan akan segera diproses hukum.

“ kami akan pertanyakan kepada Dirjen Lingkungan Hidup kalau toh ada pidananya maka akan kami proses hukum ” Tegas Ihwan saat dihubungi via telpon terkait kian maraknya perusahaan tambang di Kaltim. Senin (19-8-2019).

Menurutnya, dikarenakan lemahnya pengawasan terhadap aturan mengakibatkan kian banyaknya korban yang meninggal dunia di lubang bekas tambang yang hari jumlah nya telah 35 orang ( dengan mayoritas korban anak-anak ), oleh karena itu kedepan Ia dan jajaran akan mempertanyakan secara lebih komperhensif terkait Jamrek atau Jaminan Reklamasi kepada perusahaan-perusahaan tambang yang beroperasi tanpa melihat lubang tambang.    

“ ya kepada perusahaan-perusahaan tambang yang beroperasi tidak melihat lubang tambang akan kiat pertanyakan itu Jamreknya ” Ungkap Ihwan Datu Adam politisi partai Demokrat.

Ihwan Datu Adam memastikan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menelusuri, berkoordinasi hingga melaporkan jika menjumpai ada oknum perusahaan tambang kedapatan melakukan tindakan yang melanggar hukum bahkan yang meninggalkan lubang pasca eksplorasi. Ia melanjutkan dengan beberapa kali kedatangan KPK ke Kaltim dimungkinkan ada beberapa kasus tambang yang akan di tindaklanjuti sehingga Ia minta Pemda Kaltim dan pihak terkait untuk kooperatif.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00