• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Tahun ini Omset Pedagang Musiman di Kubar Menurun

16 August
18:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Pedagang Musiman Bendera Merah Putih di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) setiap tahun menghiasi Ibu Kota Kabupaten, khususnya di Jl. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok, jelang Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Termasuk jelang HUT ke-74 RI tahun 2019 ini.

Iwan, salah satu Pedangang di area Simpang Busur, Kecamatan Barong Tongkok saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Jumat (16/8/2019) mengaku, telah melakukan aktifitasnya di Kubar 7 tahun belakangan ini, bersama 6 orang teman lainnya yang datang dari Jawa Barat.

Tahun 2019 ini, lanjut Iwan, sudah mulai berjualan sejak tanggal 25 Juli dan berakhir hari ini. Kurang lebih membawa 400 lembar pernak-pernik HUT RI, seperti Bendera, Umbul-umbul dan Background.

Disinggung mengenai Omset penjualan-nya, Ia mengaku ada penurunan jika dibandingkan tahun 2018 lalu, dimana hasil kotor dagangannya mencapai Rp25.000.000.

“Tahun ini, kalau dibandingkan tahun lalu, omest menurun. Kalau tahun kemarin, masuk bersih itu, sisa setor dan segala macam sekitar Rp12 juta, kotornya Rp25 juta. Kalau tahun ini, dihitung-hitung Cuma nyampai Rp18 juta lebih untuk kotornnya, kalau bersihnya sekitar Rp8 juta-an. Kurang tahu juga kenapa, kalau dibilang ramai, ya relatiflah. Misalnya kalau datangnya ramai-ramai tapi belinya cuma satukan, sama aja dengan datang satu orang, belinya banyak,”ungkapnya

Lebih jauh Iwan mengatakan, Omset tersebut khusus untuk dagangannya. Sedangkan teman-temanya yang lain, diperkirakan ada yang mengalami peningkatan atau sebeliknya, sama mengalami penurunan.

Kendati demikian, Ia mengaku, tetap melakukan aktifitas yang sama di Kabupaten Kutai Barat tahun berikutnya. Karena untuk penghasilan, dilihat dari kondisi sekrang ini dirasa wajar-wajar saja.

Ia menjelaskan, harga Pernak-pernik yang dijual, masing-masing untuk Bendera Merah Putih, dari ukuran terkecil Rp25.000 hingga yang paling besar Rp70.000/lembar. Kemudian Umbul-umbul Rp25.000/lembar dan Backgraund Rp250.000/lembar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00