• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Warga Kecamatan Busang Belum Merdeka dari Akses Jalan Rusak

16 August
10:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Makna 74 tahun Indonesia merdeka belum sepenuhnya dirasakan warga di pedalaman Kalimantan Timur salah satunya di Kecamatan Busang. Kecamatan tertinggal di Kabupaten Kutai Timur tersebut saat ini masih memerlukan perhatian Pemerintah terutama soal pemenuhan infrastruktur.

Tokoh adat masyarakat Busang Amay Petaja kepada RRI Jumat (16/8/2019) mengatakan akses menuju ke Ibukota Kabupaten Kutai Timur di Sangatta banyak yang mengalami kerusakan sehingga biaya transporasti sangat mahal.

Di Peringatan 74 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Amay Petaja kembali mengingatkan Pemerintah untuk segera memenuhi janji memekarkan Busang dan 7 Kecamatan lainnya sebagai daerah otonom mandiri yakni Kabupaten Utara yang diyakini menjadi jawaban atas ketertinggalan pembangunan wilayah pedalaman.

“Kami dari Busang mau ke Sangatta itu biayanya mahal sekali. Dan perjalanan jauh hampir satu hari. Kan ngga mungkin pakai dana ADD. Jadi Kami mohon daerah Kami cepat dimekarkan menjadi Kabupaten Kutai Utara”, harapnya.

Kabupaten Kutai Utara telah masuk sebagai Calon Daerah Otonomi Baru atau DOB di Tanah Air. Kutara nantinya terdiri dari 8 Kecamatan di Kutai Timur yakni Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar, dan Busang. Namun hingga kini tak kunjung mendapat kepastian dari DPR RI dan Pemerintah Pusat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00