• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Hetifah: Konten Digital Penting Untuk Majukan Pariwisata Kaltim

15 August
03:50 2019
0 Votes (0)

KBRN Balikpapan : Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyebut bahwa media digital dan millennial tourisme menjadi program prioritas pertama Kementerian Pariwisata Indonesia dalam mengembangkan pariwisata. Oleh sebab itu, ia menilai pengembangan pariwisata sangat penting menggunakan media digital.

“Apalagi Balikpapan ini orang-orangnya kreatif dan sudah sangat melek teknologi. Jadi konsep pemasaran melalui konten digital sudah tidak susah lagi”, kata Hetifah pada acara Sosialisasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dengan tema Penguatan Brand Pariwisata Daerah Melalui Pemasaran Konten Digital, Rabu (14/8) di Balikpapan.

Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di Kalimantan Timur, Hetifah mendukung jika ada lebih banyak lagi sekolah vokasi dan perguruan tinggi kepariwisataan.

“Saya mendorong khusus untuk di Kaltim agar lebih banyak lagi sekolah vokasi atau kampus pariwisata”, lanjut Hetifah.

Sementara itu, Aryanti Prima Restu Widya Iswara Kemenpar mengatakan bahwa pariwisata sangat penting dalam mendukung perekonomian nasional. Oleh sebab itu, pariwisata harus didukung dengan pilar kepariwisataan. 

“Kalau pariwisata berkembang, ekonomi pasti juga bergerak berkembang. Ada empat pilar pembangunan kepariwisataan yaitu pemasaran, destinasi, industri dan kelembagaan”, kata Aryanti

Ia juga menyampaikan bahwa pariwisata di Indonesia dapat semakin berkembang dengan dukungan dan kreatifitas dalam membuat konten digital. Pasalnya, banyak wisatawan yang memanfaatkan media digital sebelum berwisata. Mayoritas wisatawan sebelum menentukan tujuan wisata akan selalu mencari melalui media digital.

Irma Nurmayanti, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menyampaikan bahwa di era industri era 4.0 ini pemasaran pariwisata harus dikembangkan melalui konten digital. Menurutnya, pemanfaatan digital akan mengubah paradigma industri, transaksi dan gaya hidup. Ia juga memaparkan bebapa program kepariwisataan Kota Balikpapan. 

“Kita sudah ada program quickwin yaitu menetapkan logo city branding. Membuat sosmed resmi untuk branding Kota Balikpapan. Membangun kampung wisata kreatif di 34 kelurahan berbasis digital”, ujar Irma.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00