• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kwarcab Pramuka Kubar Diharapkan Terus Berinovasi bentuk Karakter Generasi Muda

14 August
21:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-58 Pramuka, di Alun-alun Itho, Komplek Perkantoran Pemerintahan Kubar, Rabu (14/8/2019).

Upacara tersebut, dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kubar Yacob Tullur, dihadiri Asisten II Setkab Kubar Ayonius, Asisten III Asrani B, sejumlah Kapala OPD, Ketua Kwarcab Pramuka Kubar Yakobus Yamon dan jajaran serta anggota Pramuka Kubar dari masing-masing tingkatan.

Usai upacara, Sekda Kubar Yacob Tullur kepada RRI Sendawar, mengucapkan selamat kepada penggiat Gerakan Kepramukaan di seluruh Wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Kutai Barat.

Ia menilai, keberadaan Pramuka di Kubar selama ini, sudah mendukung Program Pemerintah Daerah. maka itu, para pengurus Organisasi Nonformal penyelenggara pendidikan kepanduan tersebut dihrapkan terus berinovasi terutama dalam membentuk karakter Generasi muda yang semain baik di Bumi Tanaa Purai Ngeriman .

“Sejak tahun 2005, Pramuka sudah ada disini dan semakin tahun semakin berkembang. Hampir setiap kegiatan baik ditingkat Provinsi hingga Nasional kita ikuti, artinya semakin tahun semakin baik. Hanya memang untuk membentuk karakter ini tidak juga mudah, perlu tahapan dan waktu, dan ini saya harap teman-teman pengurus Kwarcab Pramuka Kutai Barat, selalu berinovasi, meningkatkan kemampuan karena Pemerintah pasti mendukung, apalagi ini untuk membangun generasi muda kita,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kubar, Yacobus Yamon, mengaku dari segi pembinaan dirasa sudah cukup maksimal, baik dalam kegiatan sosial maupun prestasai. Apalagi, Kwarcab Prabuka Kubar sukses berada diurutan ke-3 dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada penilaian Pramuka Tergiat ditahun 2018.

“Saya merupakan Ketua Kwarcab yang ke-empat, dan sampai sekarang pramuka Kubar sudah cukup berkembang, ya kita berharap bisa lebih daripada itu. Masuk kesemua lini, seperi yang diharapkan oleh Pemerintah, dimana baru dilaunching Pramuka untuk anak-anak usia dini, kita akan komunikasikan itu dengan Dinas Pendidikan disini. Jadi sejauh ini cukup maksimal, karena untuk penilaian Pramuka tergiat tahun 2018 lalu, kita mendapat posisi ke-tiga dari 10 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur, ya prestasi yang baiklah untuk Kubar, dan kita akan terus meningkatkan itu”ungkapnya

Hanya saja yang menjadi kendala saat ini, lanjut Yamon, Pramuka Kubar masih kekurangan Pelatih Kursus Mahir, khususnya Kursus Mahir Lanjut (KML), sehingga harus berkolaborasi dengan Kwada Provinsi Kaltim.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00