• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Kemarau, Harga Sembako Melambung Tinggi Di Perbatasan NKRI

14 August
20:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Saat Musim kemarau tiba, biasanya harga sejumlah bahan pokok semakin naik. Kondisi tersebut seringkali dikeluhkan masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhannya khususnya bagi masyarakat yang mengandalkan transportasi sungai mahakam, di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Tak pelak, musim kemarau yang berlangsung sejak beberapa bulan belakangan ini berdampak pada kenaikan harga di dua Kecamatan hulu Sungai Mahakam, yakni Long Pahangai dan Long Apari.

Menanggapi hal itu Ketua sementara DPRD Mahulu, Novita Bulan mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan komunikasi dari bulan Juli lalu dengan Pemerintah Kecamatan didua Wilayah tersebut.

“Kecamatan Perbatasan Long Apari dan Long Pahangai sebenarnya kami sudah komunikasi dengan dua camat ini semenjak awal kemarau, karena mereka memiliki kebijakan teknis untuk hal apa saja yang harus disiapkan. Nah kalau untuk Pemkab Mahulu sendiri melalui pembahasan dengan DPRD, dianggarkan untuk subsidi ongkos angkut, karena musim kemarau itu sulit dan mahalnya harga BBM termasuk sembako. Kemudian melalui beberpa tahapan rapat itu terakhir rapat pada tanggal 12 Agustus kemarin, bahwa OPD terkait siap berikan bantuan sembako kepada dua kecamatan itu,"katanya kepada awak media, Rabu (14/8/2019).

Untuk anggaran, Novita Bulan mengaku, tidak mengetahui pasti jumlah subsidi ongkos angkut, namun secara teknis Subsidi ongkos angkut barang ditangani Bagian Ekonomi Pembangunan-Ekobang, Sekretariat Kabupaten Mahulu, sementara subsidi untuk penumpang ditangani Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Ia menjelaskan, di musim kemarau saat ini, biaya angkutan penumpang Transportasi Darat lebih murah kisaran Rp500.000 sampai Rp600.000/orang. Sementara perjalanan jalur sungai menggunakan Speadboat kurang lebih Rp800.000/orang sampai di Wilayah Kecamatan Long Pahangai. Otomatis jika lebih jauh hingga ke-Kecamatan Long Apari akan lebih mahal lagi.

Sementara, kenaikan harga bahan pangan di Kecamatan Long Apari, atau Kecamatan terujung Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia yakni untuk beras 25kg harga normal Rp390.000, kini menjadi Rp800.000. sedangkan BBM dari harga Normal Rp7.500 menjadi Rp.15.000/liter.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00