• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Dihadapkan dengan Proses Anggaran Tahun 2020, DPRD Mahulu Genjot Pembentukan AKD

14 August
19:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat (Kubar) Jemmy Tanjung Utama Memandu Pengucapan Sumpah/Janji, 20 Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Hasil Pemilihan Legislatif dalam agenda Pemilu Serentak 2019. Berlangsung di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Selasa (13/8/19) malam.

Pelantikan anggota DPRD Mahulu periode 2019-2024 berlangsung khidmat, dihadiri Bupati Bonifasius Belawan Geh, Wakil Bupati Y. Juan Jenau, dan sejumlah OPD, Instansi Vertikal, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta keluarga dari Para Wakil Rakyat yang dilantik.

Pelantikan itu sejalan dengan salinan keputusan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Nomor : 171.3.2/5/B.PPOD.III/2019, tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan serta berakhirnya masa jabatan 20 anggota DPRD Mahulu periode 2014-2019 pada 13 Agustus 2019.

Usai acara, Ketua Semetara DPRD Mahulu, setelah pelantikan ini dewan harus merampung alat kelengkapan dewan (AKD), Bentuk fraksi, Komisi Badan Kehormatan, Badan Musyawarah Dan Badan Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Sebenarnya kerjaan itu bisa tiga bulan, tetapi kalau bisa, tadi sudah di pesan sesuai yang disampaikan Pak Bupati membacakan pidato sambutan gubernur, bahwa sekarang inikan lagi proses penganggaran APBD Perubahan maupun APBD Murni 2020, jadi kalau bisa secepatnya diselesaikan,"jelasnya kepada Awak Media.

Disinggung mengenai penetapan unsur Pimpinan Definitif, Politisi Partai Gerindra tersebut menegaskan, hal itu tergantung rekomendasi dari Partai Pemenang Pemilu, seperti Gerindra yang otomatis mendapatkan jatah Ketua dan PDI Perjuangan serta PKB yang mendapat jatah sebagai Wakil Ketua.

Adapun 20 Anggota DPRD yang baru dilantik, dikuasai 9 kursi dari Partai Gerindra, yakni Novita Bulan, Hendrikus Keling, Weny, Milang, Petrus Higang, Inggong Laing, Welibrodus Huvat, Devung Paran, Kerawing Lawing.

Kemudian 4 kursi dari PDI-P yaitu, Martina Luaq, Tiopilus Hanye, Serlili dan Vedelis Tekwan Kuway. Sementara dari PKB ada 3 kursi yakni, Matin Hat, Jaang dan Uling. Kemudian 2 karusi dari Golkar yaitu, Dalmasius dan Bo Himang. Termasuk 2 kursi berikutnya dari Demokrat yaitu, Kelawing Bayau dan Geh Luhat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00