• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

E Samsat Pegadaian Beri Kemudahan Masyarakat Bayar pajak

13 August
15:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Rapat Kerja (Raker) Optimalisasi Pendapatan Daerah berdasarkan Geospasial dan Penandatanganan MoU antara Gubernur dengan Bupati dan Walikota se-Kalimantan Timur tentang Peningkatan Pajak Daerah serta Penandatanganan MoU E-Samsat Pegadaian berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Selasa (13/8/2019) pagi tadi.  Rencananya Raker akan berlangsung 2 hari hingga Rabu (14/8/2019). 

Sebagai Leading sektor, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),  melalui terobosan dan inovasi untuk mempermudah pembayaran pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor. 

Kepala Bapenda Provinsi Kaltim Hj Ismiati mengatakan berbagai terobosan dilakukan untuk  mempermudah pembayaran pajak daerah. Diantaranya kerjasama dengan pihak perbankan, PT Kantor Pos dan Indomart sebagai upaya untuk mempermudah dalam penerimaan pajak daerah yang mencatatkan penerimaan sebesar Rp.40 Miliar Pertahun.

"Setelah sebelumnya melakukan kerjasama dengan perbankan, PT Pos dan Indomart. Kita kembali akan melakukan kerjasama  Pegadaian Kaltim dengan penandatanganan kesepahaman bersama atau  Memorandum of  Understanding (MoU) dengan Bupati dan Walikota se Kaltim," kata  Ismiati, Selasa (13/8/2019).

Kerjasama dengan Pegadaian otomatis masyarakat Kaltim kembali mendapatkan kemudahan dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab membuka layanan sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) Pegadaian dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotornya sekaligus mencatatkan diri sebagai Pioner Bapenda kerja sama dengan BUMN PT.Pegadaian pertama di Indonesia.

"Terobosan dan inovasi yang kita lakukan, otomatis masyarakat  mendapat  alternatif  baru dan tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotornya. Selain perbankan, Indomart dan PT Pos, kita kembali membuka layanan di  Samsat Pengadaian," ujarnya.  

Ia juga mengutarakan, termasuk pembayaran pajak yang bekerjasama denga. PT. Posindo dan teekini dengan pegadaian. "Konsep E-Samsat cukup efektif.  Dalam 1 tahun lewat E-Samsat ini bisa menghimpun anggaran hingga 50 miliar dalam setahun. 

Menurutnya, upaya peningkatan ekonomi wilayah dan rakyat untuk menggali pendapatan daerah berdasarkan Geospasial, tujuannya mengetahui nilai produksi dan ekonomi SDA Kaltim utk memaksimalkan PAD Kaltim. 

pada acara Rapat Kerja  dan Fokus Grup Discussion dalam upaya optimalisasi pendapatan daerah. dihadiri Bupati/Walikota antara lain,Walikota Balikpapan,Bontang, Sekda Samarinda dan Kubar, Bupati Paser,PPU,  Kukar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00