• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan Kriminal

Pertengahan 2019, Perkara Narkotika di Kubar Meningkat 20 Persen Dibandingkan Tahun 2018

23 July
16:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Dalam keterangan pers Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Wahyu Triantono didampingi seluruh Kasinya, Senin (22/7/2019) menyebutkan bahwa terdata ada 39 perkara Narkotikaa yang ditangani pihaknya kurun waktu bulan Januari hingga Juli 2019. Dan 28 perkara diantaranya sudah dieksekusi.

Berkaitan hal itu, menjawab pertanyaan wartawan, Kepala Seksi (Kasi) Pidum Kejari Kubar Andy Bernard Simanjuntak menyebutkan, jika dibandingkan tahun lalu. Jumlah perkara yang ditangani pihaknya di semester Pertama tahun 2019 ini sudah meningkat 20 persen, baik dari segi jumlah Perkara, Terdakwa maupun Barang Bukti yang disita.

“Untuk Narkotika dalam setegah tahun atau semester pertama tahun ini, sudah ada perkembangan, yaitu Baik dari Jumlah Barang Bukti, Perkara dan Terdakwa yang sudah kami tingkatkan ke-penuntutan kurang lebih meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya, untuk setengah semester,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Kubar Wahyu Triantono menegaskan, untuk kasus Narkotika ini, Kejari Kubar tidak hanya fokus dalam penaganan perkara, namun juga turut ambil andil memberantas penyalahgunaan barang haram tersebut.

Salah satunya dengan memberikan sosialiasi tentang bahaya Narkoba kepada Masyarakat, diantaranya melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan Jaksa Menyapa.

“Kita punya Program yang namanya Jaksa Masuk Sekolah, Jaksa Menyapa. Jadi tidak henti-hentinya kita memberi arahan, memberi warning betapa bahanyanya Narkoba. Karena Narkoba sekarang ini ada dimana-mana, bahkan di anak SD-pun sudah ada, bahkan sampai yang kemarin, Komedian kita si Nunung ketangkap juga. Jadi tidak hanya disini, dimanapun Narkoba sekrang ada,”tegasnya.

Untuk itu,Ia menghimbau kepada Masyarakat agar turut serta mendukung pihak berwenang dalam memerangi Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba khususnya di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00