• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Gaji Dosen Terlambat, Aktifitas di Kampus Polsen Kubar Tetap Berjalan Normal

19 July
08:20 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar : Aktifitas Perkuliahan di Kampus Politeknik Sendawar (Polsen) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) masih berjalan normal bahkan saat ini dalamn tahap penerimaan mahasiswa baru. Bahkan masa akreditasi Kampus baru berakhir pada tahun 2022 Mendatang. Demikian ditegaskan Direktur Polsen Nikolaus saat dikonfirmasi RRI di Sendawar, Jumat (19/7/2019).

Hal itu disampaikan mengingat, Kondisi Finansial Politeknik Sendawar yang kini tengah terpuruk, dimana terjadi keterlambatan para dosen yang mengajar di 3 Program Studi (Prodi) Kampus Polsen, sejak tahun 2017 lalu.

“Ini masalah pendanaan sebenarnya, karena ada masalah pendanaan itu makanya ada keterlambatan gajih para Dosen dan prangkat Akademik. Jadi kalau secara keseluruhan untuk tiga Prodi itu kurang lebih ada 25 orang dosen yang belum di gaji. Tapi kondisi terkini tentang Politeknik Sendawar bahwa, secara legalitas formal, kemudian proses yang ada di Politeknik masih berjalan dengan baik, on the track. Kemudian pelaporan kita ke-PDPT PDDIKTI juga berjalan dengan baik,”tegasnya.

Berkaitan dengan persoalan financial tersebut, Nikolaus mengaku, telah melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah, dan mendapat solusi dari Pemkab Kubar agar status Politeknik Sendawar ini dirubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tentang pembentukan BLUD.

“Ini-kan sudah ada Perdanya, jadi tinggal pelaksanaannya saja dan itu menjadi fokus kita, karena biaya oprasional kita ini kalau kita total, misalnya ada dana satu milyar saja dalam satu tahun itu cukup, nanti ditambah biaya SPP. Bahkan dibawah satu milyar itupun bisa sebenarnya. Ya kita harap ini bisa diakomodir oleh pemerintah, agar aktifitas kita berjalan dengan baik, mudah-mudahan bida tahun 2019 ini,”ungkapnya

Pembentukan BLUD, lanjut Nikolaus telah ditindak lanjuti oleh manajemen kampus upaya konsultasi yang terus dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Selain Perubahan status, solusi lain yang juga ditawarkan yakni, cost sharing atau berbagi biaya bersama Perusahaan Swasta (Pertambangan) melalui skenario dana abadi.

Nikolaus berharap, upaya-upaya tersebut bisa mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, demi keberlangsungan Politeknik Sendawar, dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda yang berkualitas di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00