• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

5.406 Koperasi di Kaltim Siap Hadapi Industri 4.0

15 July
17:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Era Industri 4.0 menjadi tantangan baru bagi Koperasi di Indonesia tidak terkecuali di Kalimantan Timur. Seiring dengan tema Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72 Pemerintah Daerah diharapkan melakukan peningkatan kualitas koperasi melalui tiga kata kunci yakni reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan koperasi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Provinsi Kalimantan Timur Fuad Assadin kepada RRI Senin (15/7/2019) mengatakan hingga kini terdata 5.406 unit Koperasi terdaftar di Dinas Perindagkop dan UMKM yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota.

Ia optimis pemanfaatan digital dalam operasional Koperasi mampu diaplikasikan ribuan Koperasi di Kaltim. Untuk tahap awal Fuad menargetkan / pengurus Koperasi di Kabupaten/Kota mulai memanfaatkan aplikasi yang dapat diakses secara online dalam hal pelaporan dana koperasi serta dalam pemasaran produk.

“ Sebenarnya Industri 4.0 lebih luas lagi maknanya. Tetapi di awal-awal ini kita coba dulu untuk pengurus koperasi bisa memanfaatkan aplikasi pelaporan yang bisa diakses masyarakat dan anggota”, ungkap Fuad.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Provinsi Kalimantan Timur Fuad Assadin kepada RRI lebih jauh menambahkan dari 5.406 unit koperasi 3 ribu 428 diantaranya dalam kategori aktif atau mencapai 63,44 persen sementara sisanya dalam pemantauan Disperindagkop dan UMKM Kaltim.

Peringatan Hari Koperasi ke 72 di Provinsi Kalimantan Timur Hari ini dirangkaikan dengan Kunjungan Ketua Dekranasda Pusat sekaligus merupakan Istri Wakil Presiden RI Musfida Jusuf Kalla. Berlangsung di Hotel Bumi Senyiur Samarinda kegiatan diisi dengan penyerahan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual kepada sejumlah pelaku UMKM dan membuka 9 pelatihan dibidang koperasi dan kewirausahaan yang diikuti lebih dari 500 orang peserta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00