• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

LPDB - KUMKM Salurkan Dana Bergulir Rp 150 Miliar untuk para Pelaku UKM Kaltim

15 July
15:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Lembaga Pengelola Dana Bergulir LPDB - KUMKM mengklaim menggelontorkan dana bergulir sebesar Rp 150 miliar di wilayah Provinsi Kaltim khususnya kepada Bank Kaltimra sebagai jembatan untuk perkuatan permodalan koperasi dan UMKM.

"Lembaga Pengelola Dana Bergulir LPDB – KUMKM hadir di Kaltim dalam rangka jemput bola UKM dimana dana sebesar 150 Miliar tersebut sudah di salurkan kepada Bank Kaltimra sebagai perantara yang sudah dapat di gunakan tahun 2019 ini. kata Dirut LPDB, Braman Setyo, saat sosialisasi bersinergi pada Program Kegiatan Kementrian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK yang di pusatkan di Ballroom Senyiur Samarinda Senin (15/7/2019).

Dia menjelaskan, selama 13 tahun terakhir berdiri, dimana Kaltim menduduki posisi kesebelas dari 34 provinsi di Indonesia arti UKM Benua Etam minim dalam pengajuan Kredit kepada LPDB KUMKM.

Menurut Braman Mengingat potensi yang kuat yang lebih banyak dari para Koperasi UKM pengrajin dirasa sangat menjanjikan mendapat dana bergulir LPDB.

Untuk itu, LPDB sendiri melakukan sosialisasi kemudahan dalam mengakses dan menikmati Dana Bergulir mengingat penerapan Revisi Permenkop nomor 8 tahun 2018 Di depan 200 UMKM binaan Disperindakop Kaltim, Braman mengajak para pelaku UMKM untuk dapat mengakses dana bergulir sebagai solusi perkuatan permodalan usahanya.

"Kita berbeda dengan lembaga keuangan lainnya, termasuk perbankan. Beberapa keunggulan LPDB - KUMKM adalah bunga yang sangat murah, dan menerapkan 15 item yang mempermudah syarat para UKM mengakses Dana bergulir," ujarnya.

Keunggulan lainnya, lanjut Braman, selain sebagai akses permodalan, LPDB - KUMKM juga menerapkan pola pendampingan dan penjaminan bagi debiturnya.

Untuk mendapatkan dana bergulir dari LPDB - KUMKM, para pelaku koperasi dan UMKM tidak perlu datang jauh-jauh ke Jakarta.

"Cukup menghubungi Dinas Koperasi dan UKM untuk memverifikasi kelayakan usahanya. Kita sudah ada koordinasi terkait hal itu," kata Braman, seraya menyebutkan bahwa lama proses pengurusan dana bergulir  tidak lebih dari 18 hari bila seluruh kelengkapan administrasi sudah terpenuhi,”Pungkasnya.



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00