• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru, Sekolah Swasta Di Kubar Masuk Tanggal 15 Juli 2019

10 July
16:37 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Tahun Pelajaran Baru 2019/2020, telah dumulai baik di jejang Pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menegah Atas (SMA), diseluruh Wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), pada tanggal 8 Juli tahun 2019 ini.

Berkaitan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubar Silvanus Ngampun melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Yakobus Yamon kepada RRI Sendawar, Rabu (10/7/2019) mengaku, pelaksanaan tahun ajaran baru di Wilayah tersebut berjalan lancar tanpa kendala.

Namun mengingat, adanya perbedaan waktu masa aktif belajar antara Sekolah Negeri dengan Sekolah Swasta di Kubar. Yamon menegaskan hal itu dikarenakan Sekolah Swasta diperkenankan untuk membuat Kalender pendidikan sendiri, namun tidak mempengaruhi jumlah jam pelajaran siswa baik di Negeri maupun Swasta. Dimana Sekolah Swasta baru efektif masuk Sekolah pada tanggal 15 Juli 2019 mendatang.

“Jadi dalam penghitungan kalender pendidikan, hari efektif belajar untuk sekolah swasta diperkenankan mereka membuat kalender pendidikan. Namun tetap mengacu pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. Hanya yang menjadi acuannya adalah jumlah jam pelajaran, sepanjang itu tidak mengurangi jam pelajaran yang kita tetapkan standar itu tidak masalah, seperi SD Swasta di Kubar inikan mereka mengambil tanggal 15 Juli baru mereka masuk sekolah, tetapi jumlah jam efektif pelajarannya sama dengan Negeri, untuk satu semester kedepan, itu tidak masalah,”tegasnya.

Sementara itu, disinggung mengenai Sitem Zonasi yang baru diterapkan Disdikbud Kubar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2019, Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada kendala yang berarti dihadapi, bahkan sebagian sekolah menyambut positif penerapan sitem Zonasi tersebut.

“Dikatakan tidak ada kendalakan tidak mungkin juga, kemudian dikatakan ada kendala, sementara ini sudah bisa kita atasi, jadi belum adalah hal-hal yang mengganggu proses penerimaannya, sampai sekarang. Dan ini juga sangat membantu Sekolah-sekolah yang lain, mereka menilai positif. Karena dengan sitem Zonasi ini beberapa Sekolah mulai sibuk karena Siswa kita sudah tersebar ke-Semua Sekolah,”kata Yamon.

Dengan dimulai-nya tahun ajaran baru ini, Ia mengharapkan kepada para Pelajar, agar bisa menyesuaikan diri, belajar sebagaimana mestinya untuk menimba ilmu demi masa depan yang lebih baik.

Selain itu, Yamon juga mengharapkan kepada Masyarakat, agar mendukung Program Zonasi yang sudah diterapkan oleh Pemerintah, memahami tujuannya sehingga mutu pendidikan di Kubar bisa merata tanpa adanya pengkotakan, sekolah unggulan dan sebaliknya. Karena saat ini tidak ada lagi yang namanya sekolah unggulan, atau semua sekolah diharapkan memiliki mutu yang sama.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00