• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Disdik Samarinda Usulkan 30 M untuk SMP di APBD-P 2019

27 June
14:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Menjawab tuntutan masyarakat agar terjadi pemerataan sarana-prasarana di seluruh SMP guna mendukung sistem zonasi Dinas Pendidikan Samarinda mengusulkan anggaran senilai lebih dari 30 Miliar rupiah pada APBD Perubahan Kota Samarinda 2019.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Samarinda Barlin Kesuma dalam Dialog Interaktif RRI Samarinda Kamis (27/6/2019) mengatakan dari total 30 miliar rupiah tersebut 20 miliar rupiah dianggarkan untuk pengadaan meubeler di kurang lebih 15 SMP dan 10 miliar sisanya untuk perbaikan bangunan maupun akses jalan  sekolah.

Namun berkaca pada penganggaran tahun sebelumnya dimana anggaran pendidikan kalah prioritas dengan pembangunan infrastruktur lain seperti drainase dan jalan Barlin berharap mendapat dukungan penuh DPRD Kota Samarinda agar usulan ini dapat diakomodir.

“Kita anggarkan 30 Miliar di Perubahan. Khusus untuk meubeler 20 M karena itu vital bagaimana anak-anak mau belajar sementara bangku dan mejanya tidak ada. Makanya kita berharap dukungan dari DPRD jangan sampai usulan ini lepas”, harap Barlin.

Menanggapi hal ini Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Laila Fatihah mengakui cukup sulit berharap dari APBD Kota Samarinda mengingat minimnya dana. Cara lain yang dapat diperjuangkan ialah melalui anggaran APBD Provinsi Kaltim. Untuk itu politisi PPP itu meminta agar Dinas Pendidikan segera mendata dan mengajukan usulan anggaran yang akan dikawal DPRD.

“Data-data itu perlu kita saling share mana yang bisa lewat Dinas Pendidikan dibiayai mana yang mau diusulkan ke Provinsi. Karena kan untuk Bankeu Provinsi ada syarat-syaratnya. Kita nanti ikut menggiring misalnya kebetulan Kita sama-sama di komisi yang sama dari satu partai yang sama itu kita kawal.  Biasanya akan cepat direspon”, tegas Laila Fatihah.

Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem zonasi sudah berakhir untuk jenjang pendidikan SMP dan dinyatakan berjalan lancar. Hampir seluruh siswa lulusan SD yang berjumlah 14 ribu orang dapat tertampung di SMP Negeri maupun Swasta. PR Pemerintah menurut Barlin Kesuma adalah melakukan pendistribusian sarana prasana ke sekolah termasuk melakukan pemerataan jumlah guru yang mengajar agar kualitas sekolah merata.

  • Tentang Penulis

    Marga Rahayu

    Journalist RRI

  • Tentang Editor

    Rudi Mulyadi

    Lahir di Long Iram, 28 Nopember 1978 <br /><br /><br /><br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00