• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Pemkab Kubar Serahkan Hibah Piutang Ke-Pemkab Mahulu Seberar Rp606 Juta Lebih

19 June
15:38 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) FX. Yapan dan Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menandatangani Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Aset Pajak dan Retribusi Daerah Dari Pemerintah Kubar Kepada Pemerintah Mahakam Ulu, berlangsung di Ruang Koordinasi Lantai III Kantor Bupati Kubar, Senin (17/9/2019).

Penandatanganan itu dilakukan menindaklanjuti regulasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait laporan hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) tahun 2016. 

Dimana sesuai hasil Verifikasi terkait data piutang yang berada di Wilayah Mahulu bukan hak Kabupaten Induk, yang masih tercatat pada Dinas Penedapatan Daerah atau saat ini menjadi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kubar, dengan nominal Rp1.349.815.808,22.

Bupati Kubar FX. Yapan dalam kesempatan itu menyampaikan, berdasarkan hasil indentifikasi dan verifikasi Tim Inventarisasi aset Daerah yang dibentuk untuk menyelesaikan tahapan hibah tersebut, hasilnya Piutang yang akan dihibahkan kepada Pemkab Mahulu hanya sebesar Rp606.651.477.50. Sedangkan sisanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kubar untuk Proses penghapusan.

Setelah penandatangan dilakukan Bupati FX. Yapan beberapa pesan, mulai dari tindaklanjut setelah penandatangan dilakukan hingga pengawalan oleh Tim Inventarisasi aset Daerah dan pihak terkait agar berjalan sesuai harapan.

“Yang pertama, setelah penandatanganan ini dilakukan maka tindaklanjutnya harus segera terealisasi, termasuk dalam pembiayaan tersebut, sebab segala sesuatu yang menjadi rekomendasi BPK, harus segera ditindaklanjuti karena sangat mempengaruhi perolehan opini BPK. Yang kedua, kepada Tim Inventarisasi Aset dan juga Dinas atau Badan terkait agar terus mengawal dengan baik proses ini, sehingga kerjasama yang baru kita mulai ini dapat berjalan sesuai rencana,”pesannya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kutai Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyampai terimakasih kepada Pemerintah Kutai Barat, BPK dan Pihak terkait lainnya yang sudah bekerja keras dalam upaya penyelesaian piutang tersebut.

Dalam hal ini Ia menegaskan, Poin penting dalam kesepakatan tersebut bukanlah nilai yang tertuang, namun lebih kepada hubungan kerjasama yang baik antar kedua Kabupaten.

“Setelah beberapa rangkaian yang kita lalui selama ini dan kesepakatan yang telah kita sepakati bersama, sesunggungnya poin utamanya adalah, buka nilai yang tertuang di dalam naskah perjanjian ini, tetapi lebih kepada hubungan yang baik antara Kabupaten Induk dengan anak Kabupaten. Hal ini yang harus terjaga dan terbina selalu, agar hubungan dan koordinasi dapat menghasilkan Pemerintahan yang selaras dan berjalan dengan baik,”tandasnya.

Untuk diketahui, Objek Perjanjian sesuai kesepakatan penyerahan Hibah piutang sebesar Rp606.651.477.50  tersebut, terdiri dari Piutang Pajak Daerah sebesar Rp597.381.417.50, atau Piutang Pajak Reklame sebesar Rp3.043.917.50, dan Piutang Sarang Burung Walet dengan nilai Rp594.337.500. Sedangkan Piutang Retribusi Daerah sejumlah Rp9.270.060.

Acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Aeset Pajak dan Retribusi Daerah itu dihadiri, Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu Y. Juan Jenau, Sekretaris Daerah Kabupaten Mahulu Yohanes Avun, Sekretaris Daerah Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Asisten II Setkab Kubar Ayonius dan sejumlah Pejabat dilingkup Pemerintahan Kubar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00