• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Pemprov Kaltim Kucurkan 2 Miliar Dana Atasi Pendangkalan Sungai Karang Mumus

18 June
10:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam waktu dekat akan melakukan pengerukkan dasar Sungai Karang Mumus SKM Samarinda. Pengerukan ini menyusul hasil kajian Balai Wilayah Sungai BWS III Kalimantan yang menujukkan kondisi sungai mulai mengalami pendangkalan dan penyempitan.

Kepala Bidang Prasarana Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Kaltim Yusliando kepada RRI Selasa (18/6/2019) mengatakan saat ini ada beberapa titik di jalur Sungai Karang Mumus yang sudah tidak ideal misalnya di kawasan Gang Nibung hingga di sepanjang jalur menuju Pasar Segiri yang kini hanya selebar 10 meter dengan kedalaman hanya 2 meter  padahal idealnya tepi sungai minimal memiliki lebar 40 meter.

Untuk itu pengerukan harus segera dilakukan sehingga tidak menyulitkan jalur air menuju Sungai Mahakam. Tidak tanggung-tanggung dana sebesar 2 miliar rupiah disiapkan untuk pengerukkan SKM.

“Sekarang ini kondisinya sangat tidak ideal, jalur Sungai di dekat Jembatan Perniagaan Pasar Segiri itu sekarang dangkal, kedalaman efektif hanya 2 meter. Jadi bisa dibayangkan air susah lewat”, ungkap Yusliando.

Penyempitan dan pendangkalan Sungai Karang Mumus dinilai menjadi salah satu sebab musibah banjir parah melanda Samarinda beberapa pekan terakhir. Air yang menggenangi sejumlah kawasan setelah hujan lebat mengguyur tertahan akibat jalur pembuangan air menuju Sungai Mahakam mengalami pendangkalan dan penyempitan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00