• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Terapkan Sistem Zonasi, Sekolah Dikubar Dihimbau Jalankan Sesuai Permendikbud

12 June
22:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar :  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menyatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 menggunakan sistem zonasi.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kubar Yakobus Yamon Kepada RRI, Rabu (12/6/2019) mengatakan, PPDB tahun pelajaran 2019/2020 telah dimulai dengan menggunakan sistem zonasi sesuai dengan standar sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah masing-masing.

“Saya ingatkan kita sudah menggunakan system Zonasi, jadi para sekolah harus betul betul melaksanakan ini dan sesuai Permendikbud yang baru. Nah pendaftaraan sudah dibuka oleh beberapa sekolah dengan mengedarkan formulir, namun nanti daftar secara resminya sekitar lima hari sebelum tanggal 8 juli 2019,”katanya

Aturan PPDB 2019 ini, lanjut Yamon, diantaranya adalah calon peserta didik diberi kesempatan memilih salah satu dari tiga jalur yakni jalur zonasi dengan kuota 90 persen, dan diprioritaskan yang rumahnya dekat sekolah.

Jalur prestasi dengan kuota 5 persen serta jalur perpindahan tugas orang tua (PNS) dengan kuota 5 persen, didasarkan pada perpindahan tugas/mengikuti tempat bekerja orang tua calon peserta didik.

Untuk jalur prestasi, syaratnya ditambah dengan melampirkan sertifikat kejuaraan dilegalisir penyelenggara. Sementara untuk jalur perpindahan tugas orangtua, sama dengan persyaratan jalur zonasi ditambah surat keterangan dari instansi tempat orangtua bekerja, serta membuat fakta integritas bertandatangan pimpinan intansi tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00