• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Wagub Kaltim Optimis Jalur Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Akhir Tahun

24 April
18:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Proses pengerjaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai 90 persen. Hal ini terungkap dalam Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, Rabu (24/4/2019) yang diikuti dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemprov Kaltim.

Dalam kunjungan ini Hadi Mulyadi mengawalinya dengan menuju seksi 1 jalan tol yang masuk di wilayah Kota Samarinda.

Hadi mengungkapkan dalam seksi 1 proses pengerjaan kontrusksi masih berjalan, meskipun masih ada masalah terkait dengan adanya pembebasan lahan dikawasan tersebut. Tetapi dirinya tetap optimis pengerjaan jalur tol ini akan rampung dipenghujung tahun 2019.

“Secara umum karena semua ini dalam proses, tahun ini pembebasan lahan akan selesai  dan yang kedua ada beberapa lahan tambahan terkait dengan kontur yang menyesuaikan dengan jalan dan yang ketiga insyallah akhir tahun ini jalan tol kita dapat diresmika dan digunakan”kata Hadi.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Taufiq Fauzi, penyelesaian jalur tol yang menghemat perjalanan Samarinda - Balikpapan selama satu jam itu akan selesai di bulan Desember 2019. Sebab, untuk penyelesaian pembebasan lahan yang masuk di kawasan Samarinda maupun Balikpapan dipastikan akan tertuntaskan di bulan Juni mendatang.

“Kita target secara keseluruhan bulan Juni pembebasan lahan akan selesai dan kemudian di Desember akhir kita sudah dapat resmikan Jalan tol ini”tegas Taufik.

Sementara itu, Walikota Samarinda Syaharie Ja’ang yang bertanggung jawab terhadap pembebasan lahan di seksi 1 jalur tol itu memastikan untuk pembebasan lahan tidak menuai kendala apapun. Bahkan, dirinya bersama tim juga telah menyerahkan masalah ini ke pengadilan.

“Alhamdulillah untuk lahan tidak ada masalah dan kita anggap sudah selesai, kan kita sudah serahkan ke pengadilan dan itu tidak menghambat ke pengerjaan. Walaupun nanti kedepan ada perluasan atau pelebaran Insyallah juga tidak ada masalah”ujar Ja’ang.

Sedangkan untuk di seksi 5 yang berada di kawasan Kota Balikpapan, Walikota Balikpapan Rizal Efendi juga memastikan pembebasan lahan tidak ada kendala yang berarti. Apalagi pihaknya bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

“Ya kita kan berkerjasama dengan BPN, karena kan wilayah kita hanya membantu pembebasan lahan dan timnya kan di pimpin langsung oleh BPN, tetapi kan tentu disitu ada masyarakat kita jadi yang musyawarahnya kami juga yang terlibat begitu. Karena di seksi 5 ini kan masih ada 105 bidang yang masih harus diselesaikan”ucap Rizal.

Setelah pengerjaan ini rampung, rancangan pembangunan tol sampai Bontang juga akan dilakukan, mengingat jalur tol Samarinda-Bontang merupakan bagian dari rencana pemerintah pusat yang diawali dari rute Balikpapan-Samarinda.

Adapun ruas Bontang-Samarinda diperkirakan sekitar 94 kilometer. Total investasi yang diprediksi ruas tersebut sebesar Rp 13,40 triliun. Diketahui, jarak Bontang-Samarinda sekitar 120 kilometer dengan jalan nasional yang kondisinya tidak terlalu bagus. Jika tol jadi dibangun, maka pengemudi akan memangkas jarak tempuh perjalanan sekitar 26 kilometer.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00