• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Logistik Pemilu Lengkap, KPU Kubar Gelar Pemilu Susulan di 20 TPS Hari ini

20 April
08:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Pemilihan Umum (Pemilu) pada 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sempat tertunda pelaksanaannya tanggal 17 april lalu, dipastikan dilaksanakan hari ini Sabtu (20/4/2019).

Pantauan RRI sejak jumad sore seluruh logistik mulai dikirim ke daerah-daerah yang melaksanakan pemilu susulan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat Arkadius Hanye mengatakan 20 TPS tersebut adalah TPS berbasis daftar pemilih tambahan (DPTb) atau pemilih pindahan, yang pada hari-H pencoblosan belum terlaksana karena kekurangan surat suara sehingga harus dilakukan pemungutan dan penghitungan suara susulan.

“Untuk TPS DPTb itu dibentuk karena banyaknya masyarakat yang pindah memilih terutama daerah industri perkebuna dan pertambangan. Tentunya karena pindah memilih bukan pindah penduduk maka kalau yang dari luar provinsi kaltim hanya dapat memilih presiden. Kalau yang sesama Kaltim tapi di luar dapil 5 (Kutai Barat dan Mahakam Ulu) maka hanya dapat surat suara presiden, DPR RI dan DPD,” jelas Arkadius.  

Ia mengaku jumlah DPTb yang mengikuti pemilu susulan sebanyak 6684 pemilih dengan total surat suara sebanyak 16948 lembar.  Namun hanya 4 jenis surat suara yaitu Presiden, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

“Berdasarkan data kita memang ada 6684 pemilih, tetapi khusus di TPS berbasis DPTb ini 4234 orang hanya bisa memilih presiden dan wakil presiden karena pemilih pindahan dari luar porvinsi kaltim. Surat suara yang kita terima hanya 4 jenis untuk 20 TPS DPTb yang masuk pemilu susulan ini tidak ada surat suara untuk DPRD kabupaten/kota,” ungkap Arkadius.

Dikatakan ada enam kecamatan yang menyelenggarakan pemilu susulan hari ini, yaitu Kecamatan Tering, Damai, Muara Pahu, Siluq Ngurai, Muara Lawa dan kecamatan Bongan.

“Sekitar 10 Kampung yaitu Muara Gusi dan Jabuk Kecamatan Bongan, Lendian Liang Nayuq kecamatan Siluq Ngurai, Muara Begai kecamatan Muara Lawa, Kampung Dasaq kecamatan Muara Pahu, Kampung Tukul kecamatan Tering. Lalu paling banyak di Kecamatan Damai, yaitu desa Besiq, mantar dan Lumpat Dahuq,” jelas Hanye.  

Selain pemilu susulan untuk 20 TPS DPTb, KPU juga menggelar pemilu lanjutan untuk 1 TPS di Kampung Kiaq Kecamatan Siluq Ngurai karena pada 17 april lalu di TPS tersebut tidak mendapatkan suara presiden dan wakil presiden.

“Khusus untuk TPS 01 kampung Kiaq itu masuk kategori pemilu lanjutan karena prosesnya sudah mulai yaitu kotak suara sudah dibuka tapi surat suara kurang,” pungkasnya.

“Waktu dibuka surat suara untuk presiden tidak ada sama sekali, kami langsung telpon ke KPU untuk minta kirim surat tambahan tapi baru tiba sudah jam 2 sore. Ada saksi yang protes ini tidak bisa dilanjutkan sehingga kami putuskan dilakukan pemilu lanjutan 20 april,” tambah ketua PPK Kecamatan Siluq Ngurai Beni Nuntun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00