• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

KPU Mahulu : Masalah Kekurangan Surat Suara Pada Hari H Pencoblosan Sudah Diatasi

19 April
11:42 2019
3 Votes (5)

KBRN, Mahulu : Tahapan Pencoblosan dalam agenda Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, telah dilaksanakan diseluruh Wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) tanggal 17 April kemarin.

Namun, pasca tahapan pencoblosan di Wilayah Perbatasan Indonesia – Malaysia tersebut, masih menyisakan cerita, dikalangan Masyarakat, khusuanya pengguna Media Sosial (Facebook). Dimana para Netizen mempersoalkan masalah kekurangan logistik surat suara yang terjadi dibeberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menyikapi hal itu, Ketua KPU Mahulu Frederik Melawen, SH, saat di Konfirmasi RRI, Jumat (19/4/2019), tidak menampik bahwa memang ada kekurangan surat suara pada hari H pencoblosan. Namun menurut-nya kekurangan tersebut terjadi karena keterlambatan pendistribusian dari pihak penyedia. Dan persoalan sudah diatasi, langsung pada hari itu juga.

“Memang benar ditangal 17 April 2019, kita kekurangan perlengkapan surat suara, yang dimana terjadi karena keterlambatan penyedia dalam pendistribusian ke Kabupaten Mahulu. Akan tetapi, pada hari itu juga, kita dibantu oleh pihak TNI menggunakan Helikopter menjemput surat suara yang kurang tersebut ke-Balikpapan. Dan tepatnya kemarin pukul 09.30 Wita, surat suara itu tiba di Mahulu, langsung kita lakukan sortir lipat, kemudian kita distribusikan langsung ke TPS, untuk memenuhi kekurangan tersebut, pada hari itu juga,”ugkapnya

Ia menjelaskan, kekurangan yang terjadi hanya untuk jenis surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), di sejumlah TPS, seperti TPS 01 dan 08 Kampung Ujoh Bilang. TPS 01, 02, 03 dan 04 Kampung Long Bagun Ulu serta TPS 01 dan 02 Kampung Long Bagun Ulu Kecamatan Long Bagun.

Sedangkan untuk Perlengkapan dan  Dukungan Perlengkapan serta surat suara Pemilihan DPD-RI, DPR-RI, Provinsi dan Kabupaten tidak ada masalah atau komplit.

Berkaitan hal itu, Frederik Melawen menghimbau kepada Masyarakat, agar tidak melebih-lebihkan informasi tentang kekurangan surat suara yang terjadi. Bila perlu datang langsung memastikan kebenaran informasi tersebut ke-Pihak penyelenggara Pemilu. Karena sampai sejauh ini, pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Mahulu berjalan sesuai tahapan dan aturan yang berlaku.

Untuk diketahui, dari 115 TPS di Mahulu. 110 TPS Reguler berbasis DPT, di 5 Kecamatan dan 1 TPS berbasis DPTb di Kampung Long Tuyoq Kecamatan Long Pahangai telah melaksanakan tahapan Pemungutan suara. Sedangkan 4 TPS berbasis DPTb lainnya akan melaksanakan Pemungutan suara Sususlan dalam waktu dekat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00