• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah Tk. 2

Jelang Pencoblosan, Disdukcapil Kubar Lembur Cetak KTP Warga Sampai Malam

15 April
22:48 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kaltim terus kebut melakukan perekaman sekaligus mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Bahkan sampai lembur hingga malam hari. Mengingat ada ribuan warga yang belum memiliki KTP-El sedangkan waktu pencoblosan tinggal hitung jam.

Kepala Disdukcapil Kubar Jahariah mengatakan, seluruh staf dikerahkan untuk melayani warga yang sudah memenuhi syarat untuk memilih namun belum melakukan perekaman.

“Sampai malam ini seluruh staf masih di kantor, kami bantu masyarakat yang belum rekam data supaya dapat KTP bisa ikut pemilu,” ungkap Jahariah Senin malam (15/4/2019)

Kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Kubar Ayanlia pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya lebih memprioritaskan pencetakan KTP fisik dari pada mengeluarkan surat keterangan (suket). Sehingga harus lembur untuk memastikan semua warga yang sudah maupun baru merekam data, langsung bisa dicetak KTP-el.

“Kita lembur sampai setengah 10 malam. Kita upayakan untuk dicetak KTP-nya karena blanko KTP tersedia jadi kita belum terbitkan suket. Nah mereka yang rekam hari ini besok sudah bisa diambil, artinya yang diperkirakan tidak ada masalah duplikat misalnya bisa langsung cetak. Jadi untuk di hari-H saja yang kita keluarkan suket,” katanya.

Ditambahkan layanan rekaman KTP tetap dibuka hingga 17 april, karena diperkirakan ada warga yang baru datang di hari-H pencoblosan.

“Memang edaran itu libur tapi kita juga ada surat perintah dari Mendagri untuk kita tetap buka pelayanan. Ada yang mungkin baru datang urus waktu mau ke TPS makanya kita buka tapi mungkin  sampai jam 9 pagi saja,”tutupnya.

Seperti diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa KTP-El dan surat keterangan (suket) dapat digunakan pemilih menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang. 

Merespon keputusan itu, Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) menginstruksikan unit pelayan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia membuka pelayanan rekaman KTP-El termasuk di hari libur dan tanggal merah.

Komisioner KPU Kubar Johanes Nuel berharap, terbitnya Keputusan MK tentang syarat wajib memilih menggunakan KTP-el dan suket bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak  2019 ini.

“Kepada masyarakat yang DPK (Daftar Pemilih Khusus) walaupun tidak terdaftar dalam DPT, silahkan jam 12 itu sudah boleh menggunakan hak suaranya sesuai dengan alamat kampung masing-masing,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00