• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Masyarakat Diajak Ikut Festival Durian Kutai Barat 2019

19 January
14:43 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akan menggelar kegiatan Festival Durian tahun 2019.

Kegiatan bertajuk Festival Durian Kutai Barat ini, baru pertama kali digelar di Wilayah tersebut, diagendakan berlangsung di Alun-Alun Itho Komplek Perkantoran Pemerintahan, pada tanggal 25 Januari 2019 mendatang.

Ketua Panitia Kegiatan, yang juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kubar Isdalena Arkan kepada RRI Sendawar, Sabtu (19/1/2019) menjelaskan, dalam Festival Durian Kutai Barat tersebut, akan dilaksanakan kegiatan lomba, seperti Lomba Kuliner Khas Daerah Cita Rasa Durian, kemudian Lomba Makan Durian,  Lelang Durian dan Bazar Buah Lokal dan Produk Olahan Durian.

“Yang pertama lomba Kuliner, itu ada empat macam, ada kue rasa durian, sambal rasa durian, lauk ikan rasa durian dan jus durian. Yang kedua lomba makan durian, itu perempuan sendiri, laki-laki sendiri, jadi ada dua kelompok. Tapi ada syaratnya, jadi sebelum lomba mereka harus ditensi apakah ada gula atau tekanannya, jadi dicek kesehatannya. Terus ada Lelang Durian termasuk Bazar Buah Lokal dan Produk Olahan Durian,”ungkapnya.

Menurut Isdalena Arkan, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan jumlah sponsor dari Perbankkan seperti Bank BPD Kaltimtara, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, kemudian PT. TCM BEK, Butik Yasera, Hotel Mahakam Asri dan Resto JB termasuk sponsor Perorangan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pihaknya sebagai bentuk apresiasi kepada para petani durian sekaligus mengenalkan potensi Daerah khususnya buah lokal, yang bermuara pada peningkatan ekonomi Keluarga.

“Ya ini bentuk apresiasi kita kepada petani durian. Mengenalkan kepada Masyarakat luar, karena selama inikan mereka tahunya durian di Kubar ini dengan sebutan durian Melak saja. Padahal hampir seluruh Kecamatan menghasilkan buah durian. Selain itu kita juga kepengen buah lokal kita bisa dibudidaya dan dilestarikan, ya kita harapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan, sehingga bisa menjadi objek wisata dan bisa mendukung perekonomian Masyarakat khususnya pendapatan keluarga,”tandasnya.

Untuk mengikuti kegiatan ini, Masyarakat bisa mendaftar mulai tanggal 21 hingga 22 Januari 2019. Langsung ke-Sekretariat Tim Penggerak PKK Kutai Barat, atau menghubungi Panitia 0813-4634-4370 (Nunung Herlena) dan 0812-4897-0306 (Ruth). Dengan format SMS/Wa, (Nama dan Alamat sesuai KTP, No HP/Wa, dan Lomba yang diikuti).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00