• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

Kemendagri : Ada Tiga Poin Penting dalam RPJMD Kaltim

17 January
14:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kementerian dalam Negeri menyatakan ada tiga hal penting untuk Provinsi Kalimantan Timur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2018 - 2023.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mengatakan RPJMD merupakan terjemahan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang tidak dapat dipisahkan dari rencana pembangunan jangka panjang.

"Yang pertama dan ini harus kita pertegas karena 5 tahun ini bukan terpisah ibarat membangun hotel 5 tingkat ini baru lantai 1, Oleh karena itu saya menghargai dalam poin pertama ini, keterlibatan seluruh segmen yang ada baik itu dari kampus, dari pemuda, perempuan, birokrasi, daerah, saya kira lebih komprehensif" ujar Soni di Pendopo Lamin Etam, Kantor Gubernur, Samarinda, Kamis (17/01/2019).

Kedua, menurut Soni, Kaltim harus memaksimalkan sinergi antar Pemerintah Kabupaten/Kota dengan baik.

"Saya kira itu yang harus diperkuat kedepan, kita butuh kedepan itu adalah meminimalisir friksi dan memaksimal Sinergi, ini yang saya rasa harus diperkuat dari sisi kelembagaannya" tambahnya.

Ia menyatakan banyaknya pertemuan antara Kabupaten Kota dan Gubernur merupakan hal baik, sebab memudahkan untuk saling berkoordinasi dan memecahkan masalah yang terjadi di daerah.

Poin yang ketiga dikatakan Soni, Kalimantan Timur dalam persepsi membangun, tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD, namun juga membutukan peran pihak swasta.

"Karena peran swasta itu 70 persen dalam pembangunan, karena itulah strategi kedepan tentunya tidak hanya mengandalkan dari goverment of investmen, pemerintah melalui APBN dan APBD tapi harus bisa bagaimana merangkul, menumbuhkan iklim investasi yang sehat, mengundang investor dan melibatkan masyarakat secara penuh." pungkasnya. (jd)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00