• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial dan Budaya

Ditinggal Pergi Saat Masak, 2 Rumah Ibadah dan 69 Rumah Warga Tenggarong Hangus Terbakar

17 January
10:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tenggarong : Kobaran api menghanguskan 69 rumah yang dihuni 80 Kepala Keluarga di permukiman padat penduduk Jalan Danau Semayang dan Jalan Maduningrat, di Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Rabu (16/1/2019) Malam.

Kepala BPBD Kutai Kartanegara Marsidik kepada RRI Kamis (17/1/2019) Pagi mengatakan berdasarkan pendataan pihaknya, terdapat 4 RT yang terdampak bencana kebakaran. Menurut Marsidik, percikan api mulai muncul pada pukul 19.30 WITA dan terus membesar hingga berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari Samarinda dan Kutai Kartanegara pada dini hari tadi.

Adapun asal api bermula dari Rumah Kosong di gang 9 yang saat itu ditinggal pemiliknya dalam kondisi kompor menyala karena sedang memasak. Pemilik bernama Lakiding, merupakan Laki-laki berusia 56 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang buah di pasar malam. Api awalnya terlihat dari lantai dan terus naik ke atas dinding serta merambat ke rumah yang lain di Gang 10.

“Indikasi awal rumah kosong yang ditinggal pemiliknya. Maka dari itu Kami menghimbau seluruh masyarakat harus waspada dan jangan meninggalkan rumah dalam keadaan kompor menyala atau listrik dalam keadaan tidak aman”, himbau Marsidik.

BPBD Kutai Kartanegara menurut Marsidik cukup kewalahan menangani api yang terus berkobar akibat akses jalan masuk ke pemukiman yang sangat sempit karena berada di dalam gang padat penduduk. Hingga kini sejumlah tenda darurat telah berdiri sebagai wadah bagi para korban untuk mengungsi. Marsidik merinci jumlah korban dimana untuk RT 14 terdata 60 rumah yang dihuni 73 KK hangus terbakar, RT 15 terdapat 7 rumah dengan 5 KK, RT 16 tercatat 2 rumah dengan 2 KK dan RT Gereja 1 yang menghanguskan sebagian bangunan Gereja Philadelphia. Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian naas tersebut namun kerugian ditaksir mencapai 1,5 miliar rupiah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00